Menu

Berkaca dari Ashanty dan Aurel Hermansyah, Ini Tips Agar Hubungan Moms dan Anak Tiri Lengket!

03 Maret 2021 13:55 WIB

Ilustrasi ibu dan anak sedang mengobrol. (womenshealthmag.com/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Berkaca dari artis Ashanty dan anak tirinya Aurel Hermansyah yang memiliki hubungan lengket bak ibu dan anak kandung. Moms juga bisa loh terapkan hal-hal berikut agar hubungan Moms dan anak tiri semakin lengket.

Sinteron yang mengisakhkan tentang ibu tiri yang jahat, juga membuat anak tiri menjadi canggung bahkan ibu tiri. Hal ini gak semua terjadi pada ibu tiri. Seperti hubungan Ashanty dengan anak tirinya Aurel Hermansyah yang justru semakin lengket seperti orang tua kandungnya. Bahkan Aurel memintanya untuk menjadi pendamping ayahnya di hari penikahannya dengan Atta Halilintar.

Memiliki anak tiri memang menjadi pengalaman tersendiri. Pasalnya gak semua anak tiri bisa menerima ibu sambung dengan baik. Banyak stigma jelek di masyarakat mengenai ibu tiri yang jahat. Padahal semua tergantung bagaimana sikap orang itu sendiri.

Hubungan ibu dengan anak tiri yang harmonis bisa diwujudkan kok. Moms bisa mulai menanyakan kepada suami bagaimana pola asuh sebelumnya dan menyusaikan dengan pola asuh Moms. Selain itu, Moms harus banyak diskusi dengan suami bagaimana cara menerapkan pola asuh yang tepat.

Hubungan yang harmonis anak tiri dengan ibu tiri akan tercipta seiring dengan berjalannya waktu. Moms hanya perlu bersama dan berusaha lebih giat lagi.

Dilansir dari berbagai sumber (03/03/2021), berikut tips menjaga hubungan dengan anak tiri agar semakin lengket

Luangkan Lebih Banyak Waktu

Meski awalnya canggung, Moms harus bisa memberikan waktu lebih banyak kepada anak tiri. Dengan menghabiskan banyak waktu bersama stigma mengenai ibu tiri yang kejam akan hilang dari benak anak. Moms bisa meluangkan waktu dengan mengajaknya atau menemaninya melakukan aktivitas yang dia sukai.

Moms jugabisa menyertkan ayahnya untuk mengahabiskan waktu bersama dalam sebuah keluarga baru. Jangan sampai saking sibuknya menjalin hubungan dengan anak tiri hingga melupakan ayahnya. Justru dengan menghabiskan waktu bersama sebagai keluarga baru akan membentuk keluarga baru yang harmonis.

Dengarkan dan Belajar

Peran seorang ibu gak hanya mengurus rumah tangga, tetapi harus memahami anak. sebagai ibu sambung yang bertemunya ketika dia usia balita, remaja, bahkan dewasa Moms harus lebih banyak mengajukan beberapa pertanyaan mengenai dirinya. Moms juga harus mendengarkan dengan baik jawaban darinya.

Moms bisa mulai menanyakan hal-hal apa yang dia sukai dan gak sukai. Setelah itu Moms bisa mulai menghagarinya. Jika dilakukan dengan baik, hal ini bisa membangun kepercayaan anak dan membuat hubungan Moms dan anak tiri menjadi lengket.

Perlakukan Seperti Sahabat

Membangun hubungan pertemanan dengan anak tiri adalah jalan terbaik untuk membuatnya akrab dengan Moms. Moms bisa memulainya dengan berbagai cerita mengenai pengalaman Moms ketika seusianya. Selain itu, Moms juga bisa mengajaknya mengobrol santai seperti membicarakan film atau tren yang sedang hits.

Moms juga bisa menanyakan anak bagaimana pendapatnya mengenai sesuatu hal misalnya makanan. Dengan saling bertukar pandangan dengan suatu hal akan terciptanya keterbukaan dan saling percaya.

Jaga Hubungan Baik dengan Orang Tua Kandungnya

Jika ibu kandungnya masih ada, Moms harus jaga hubungan baik dengan ibu kandungannya. Moms bisa bertukura pikiran atau meminta saran bagaimana cara mengasuh anak agar menjadi akrab. Moms bisa melakukan kegiatan bersama dengan ibu kandungannya.

Hal ini bisa meningkatkan kepercayaan pada anak tiri karena berpikir bahwa Moms adalah ibu yang baik yang bisa akur dengan ibu kandungannya. Sehingga anak tiri akan mudah untuk mempercayai dan menjalin hubungan lebih akrab dengan Moms.

Yakinkan Anak Bahwa Moms Adalah Ibunya, Bukan Pengganti

Meskipun Moms adalah ibu sambung, Moms harus meyakinkan anak tiri bahwa Moms juga ibunya bukan pengganti, begitu juga dengan anak tiri. Moms perlu meyakinkannya bahwa dia adalah Moms. Bersikaplah dengan lembut dan tegas seolah-olah kamu menyapaikan kepada anak bahwa dia adalah bagian dari keluargamu.

Nah, begini Moms cara membangun hubungan anak tiri agar semakin lengket. Moms harus selalu tunjukkan rasa sayangmu baik secara lisan maupun tindakan.