Menu

Cocok Dikonsumsi Ibu Hamil, Ini 3 Manfaat Kurma Muda yang Ajaib dan Toker Banget untuk Bantu Persalinan! Rugi Lho Kalau Gak Coba...

02 Januari 2024 09:25 WIB

Ilustrasi ibu hamil minum susu (Sumber/Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Seperti yang Moms ketahui, buah kurma adalah salah satu buah yang lazim untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, berbeda dengan kurma muda yang masih sedikit diketahui.

Buah yang umumnya banyak muncul saat bulan Ramadhan ini seringkali dijadikan menu untuk berbuka puasa bagi penganut agama Islam.

Buah kurma memang terkenal sebagai salah satu buah yang menyehatkan apabila dikonsumsi secara teratur dan terukur.

Bahkan, buah yang sering ditemukan dijual dalam bentuk telah dikeringkan ini kerap kali dijadikan obat alternatif dari beberapa penyakit tertentu lho Moms.

Namun, tahukah kamu ternyata tak hanya buah kurma yang telah dikeringkan saja yang memiliki manfaat.

Buah kurma muda juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh bila dikonsumsi. Berikut 3 manfaat mengonsumsi buah kurma muda bagi kesehatan. Simak yuk Moms!

1. Dapat Membantu Proses Persalinan

Buah kurma muda ternyata menjadi salah satu jenis buah-buahan yang dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil menjelang masa melahirkan.

Melansir dari artikel yang terbit dalam “BMC Pregnancy and Birth”, ibu hamil yang rutin memakan buah kurma muda menjelang masa melahirkan diyakini mampu membantu jalannya proses persalinan.

Kandungan senyawa yang terdapat pada kurma muda diyakini mampu membantu pelebaran serviks dan membuat rileks otot-otot di sekitar rahim yang dapat melancarkan proses persalinan.

Selain itu, kandungan senyawa yang terdapat pada buah kurma muda ini dapat meningkatkan kadar oksitosin yang membantu meregangkan kontrakis otot perut dan rahim saat proses melahirkan terjadi.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kamu ingin proses menurunkan berat badan menjadi lancar?

Mengonsumsi buah kurma muda dapat menjadi salah satu alternatif sumber pangan yang rendah kalori yang dapat dikonsumsi oleh orang-orang yang tengah menjalani program diet.

Melansir dari laman alodokter.com, kandungan protein nabati dan serat alami yang terdapat pada kurma muda dapat membantu kinerja usus dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Buah kurma ini juga sangat dianjurkan dijadikan cemilan saat diet karena kandungan gulanya sedikit lebih rendah dibandingkan kurma kering pada umumnya.

3. Menurunkan Kadar Kolestrol

Bagi kamu yang memiliki kadar kolestrol tinggi disarankan untuk rutin mengonsumsi buah kurma muda.

Melansir dari situs hellosehat.com, buah kurma muda kaya akan asam fenolik dan karetenoid yang dapat membantu memecah kolestrol jahat dan menambah sistem kekebalan tubuh.

Kedua senyawa ini juga dapat berperan sebagai antioksidan alami guna menangkal radikal bebas yang datang dari luar.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi kurma muda bagi tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan