Menu

Darah Tinggi Minggat! Ini 5 Makanan Kaya Protein yang Cocok untuk Dikonsumsi, Catat Ya Moms!

11 Januari 2024 18:55 WIB

Ilustrasi daging (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Penyakit darah tinggi adalah salah satu faktor terbesar penyakit kardiovaskular. Itulah mengapa, penderita darah tinggi harus memperhatikan pola makan yang dapat memicu tekanan darah.

Salah satu caranya yaitu mengonsumsi jenis makanan mengandung protein tinggi. Mau tahu apa saja? Ini 5 menu makanan kaya akan protein yang cocok untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

1. Ikan

Apa pun jenis ikan, mulai dari tuna hingga ikan teri, merupakan makanan dengan protein yang bagus untuk mengatur tekanan darah tinggi. Ikan mengandung protein hewani berkualitas yang juga tinggi potasium.

Menurut American Heart Association dilansir dari laman sindikasi konten suara.com, kalium merupakan salah satu nutrisi penting yang dapat menurunkan tekanan darah. Kalium mampu mengatur ketegangan di pembuluh darah serta melawan efek akibat terlalu banyak mengonsumsi natrium.

2. Telur

Telur menjadi pilihan lain yang cocok untuk menurunkan darah tinggi. Menurut Eating Well, telur kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, B, dan selenium.

Menurut sebuah studi tahun 2022 di Frontiers in Nutrition, telur juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, atau jenis antioksidan kuat yang mampu menjaga kesehatan mata, sekaligus menurunkan risiko hipertensi. 

3. Steik sirloin

Daging sapi sudah lama dikenal kaya akan protein berkualitas tinggi serta zat besi heme. Daging sapi juga menjadi sumber vitamin B12 dan mineral, seperti magnesium, folat, dan fosfor.

Menurut USDA, satu porsi steik sirloin tanpa lemak seberat 4 ons mengandung 22 gram protein. Manfaat lain dari daging bagi tubuh yakni mampu menyerap protein dari sumber hewani secara lebih baik dibandingkan sumber nabati.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Segera luangkan waktu untuk menikmati kacang kenari, kacang mete, almond, biji bunga matahari, biji labu, dan banyak lagi.

Kacang-kacangan dan biji-bijian tidak hanya mengandung protein, vitamin, serta mineral berkualitas baik, tetapi juga memiliki antioksidan yang mampu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

Dilansir dari Eating Well, beberapa penelitian, seperti penelitian di Nutrients pada tahun 2020, menunjukkan bahwa tingkat stres oksidatif yang lebih rendah dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. 

5. Daging unggas

Unggas adalah sumber protein yang baik bagi tubuh. Seperti semua makanan hewani, makanan ini mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh.

Menurut National Library of Medicine, unggas sangat kaya akan asam amino yang disebut L-arginine, yang juga dikenal dapat menurunkan tekanan darah.

Ketika kamu mengonsumsi makanan yang mengandung L-arginin, seperti ayam atau kalkun, tubuh kamu mengubahnya menjadi oksida nitrat yang bisa melemaskan pembuluh darah kamu. 

Berikut tadi 5 jenis makanan kaya protein yang bisa menurunkan tekanan darah. Langsung dicoba, ya Moms!

Artikel Pilihan