Menu

Mengenal Atrial Fibrilasi Jantung, Gangguan Detak Jantung Tak Beraturan yang Bisa Membahayakan Nyawa, Ini Lho Penyebabnya Beauty!

12 Januari 2024 12:50 WIB

Ilustrasi penyakit jantung. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Konsultan intervensi dan aritmia jantung Eka Hospital BSD, dr. Ignatius Yansen Ng, Sp.JP (K), FIHA, FAsCC, menjelaskan terkait gangguan detak jantung tak beraturan.

Sebelumnya perlu diketahui, jika Beauty sering berolahraga pasti kerap merasakan detak jantung yang semakin meningkat, hal itu memang sangat normal untuk terjadi karena tubuh berusaha mendapatkan asupan oksigen lebih saat melakukan aktivitas berat.

Tapi, bagaimana jika kamu merasakan detak jantung yang berdetak sangat kencang tak beraturan saat kamu tak melakukan apa-apa? Usut punya usut menurut dr. Ignatius, hal itulah yang disebut dengan atrial fibrilasi jantung.

"Atrial fibrilasi jantung merupakan salah satu gangguan aritmia atau irama jantung yang menyebabkan jantung berdetak secara tidak beraturan. Secara normal, jantung kita berdetak secara beraturan sebanyak 60 kali per menit (beats per minute) dan mencapai 100 kali saat sedang beraktivitas fisik, namun pada gangguan atrial fibrilasi itu dapat berubah menjadi tidak beraturan tanpa penyebab yang jelas bahkan bisa melebihi 100 kali," jelas Konsultan intervensi dan aritmia jantung dikutip Herstory dari keterangan resmi, Jumat (12/1/2024).

Beauty harus berhati-hati terhadap kondisi tersebut. Meski kelihatannya sangat sepele ternyata atrial fibrilasi jantung bisa mengancam nyawa dan berbagai komplikasi serius lho.

Daripada was-was, yuk kenali penyebab gangguan detak jantung tak beraturan berikut ini.

Penyebab Atrial Fibrilasi Jantung

Menurut penjelasan sang dokter jantung yang memiliki 4 bilik itu berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.

"yang terdiri dari 2 bilik atas yang disebut atrium dan 2 bilik bawah disebut ventrikel. Tiap bilik ini memiliki fungsi masing-masing dalam memompa dan menyimpan darah kotor dan darah bersih ke tubuh kita. Pada bilik jantung bagian atas, ada sekelompok sel yang bertanggung jawab dalam menyebabkan dan memastikan jantung berdetak secara normal," jelas sang dokter.

Nah, jika terjadi atrial fibrilasi atau detak jantung Beauty jadi berdetak kencang tak beraturan, bisa saja menandakan adanya kelainan pada atrium atau bilik jantung bagian atas sehingga detak jantung pun tak sinkron dengan ruang jantung bagian bawah atau ventrikel.

Penyebabnya sendiri ada beberapa hal berikut ini:

  1. Faktor usia, ini biasanya jadi faktor utama.
  2. Adanya riwayat penyakit jantung seperti gagal jantung sampai serangan jantung.
  3. Mengidap tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  4. Adanya gangguan pernapasan, seperti pneumonia yang mengalami suplai oksigen ke jantung.
  5. Gangguan tidur, seperti apnea tidur yang mengalami asupan oksigen selama tidur.
  6. Gaya hidup buruk, seperti merokok dan minum alkohol.

Beauty pun perlu berhati-hati karena atrial fibrilasi ini kerap tak menimbulkan gejala. Meski begitu, kamu bisa melihat tandanya dari detak jantung yang cepat dan berdebar-debar sehingga membuat pusing dan sesak napas.

"Jika dibiarkan terlalu lama tanpa penanganan, atrial fibrilasi dapat berimbas buruk pada kesehatan, salah satunya yaitu gagal jantung dan meningkatkan risiko untuk terkena serangan stroke," jelas sang dokter.

Artikel Pilihan