Menu

Moms, Ini 10 Makanan yang Bisa Bantu Si Kecil Mudah Berkonsentrasi

04 Maret 2021 14:10 WIB

Ilustrasi anak sedang membaca buku. (Unsplash/Josh Applegate)

HerStory, Bandung —

Moms mungkin sering menghadapi anak yang susah untuk konsentrasi saat belajar. Apalagi ketika semua kegiatan belajar dilaksanakan dari rumah, konsesntarasi anak mudah terpengaruh oleh kondisi di sekitarnya.

Konsentrasi sangat diperlukan untuk menerima pelajaran dan memahaminya. Bahkan, konsentrasi juga diperlukan oleh si kecil untuk menghadapi ujian sekolah mereka.

Sebagai orang tua, Moms berkewajiban untuk menyediakan makanan sehat yang baik untuk peningkatan kesehatan mental dan fisik si kecil Di bawah ini adalah contoh beberapa makanan sehat yang mampu tingkatkan konsentrasi buah hati seperti dilansir dari Boldsky, (04/03/2021).

Kacang kenari

Kacang kenari adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan zat antioksidan. Zat antioksidan ini berfungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel otak sehingga mampu membantu anak untuk berkonsentrasi lebih baik.

Cokelat hitam

Belajar sambil ngemil cokelat hitam ternyata mampu membuat si kecil lebih mudah berkonsentrasi. Sebab kafein yang ada di dalamnya baik untuk peningkatan kesehatan otak.

Buah beri

Buah beri seperti blueberry mampu melindungi otak anak dari kerusakan oksidatif yang dapat menurunkan kemampuan belajar dan kemampuan motorik.

Bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung vitamin E yang baik untuk meningkatkan fungsi kognitif dan jaringan otak.

Wortel

Wortel nggak cuma baik untuk penglihatan namun juga untuk kesehatan otak. Sebab, senyawa yang ada di dalam otak yaitu luteolin mampu mengurangi penurunan memori dan peningkatan kesehatan otak secara keseluruhan.

Ikan

Ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk meningkatkan kesehatan otak sehingga menjaga memori anak untuk lebih tajam.

Gandum

Memberikan gandum sebagai menu sarapan buah hati mampu meningkatkan konsentrasi mereka saat belajar.

Kuaci

Kuaci mengandung dopamin yang merupakan senyawa kimia yang baik untuk kesehatan otak. Senyawa ini bermanfaat untuk meningkatkan motivasi dan konsentrasi saat belajar.

Buncis

Buncis merupakan salah satu contoh makanan terbaik yang mampu meningkatkan konsentrasi saat belajar. Buncis bahkan mampu menjaga kestabilan gula darah.

Pisang

Pisang mengandung vitamin B6 dan potasium yang membantu tubuh untuk memproduksi serotonin, norepinefrin, dan dopamin. Ketiga unsur ini membantu buah hati untuk mudah berkonsentrasi.

Artikel Pilihan