Menu

Tiati Penyakit Ganas Mengintai! Jangan Asal Ikutan, Tren Viral Makan Hahu Hoheng di Tiktok Ternyata Bahaya Bagi Kesehatan?!

17 Januari 2024 14:25 WIB

Ilustrasi Mukbang Hahu Hoheng yang Viral di TikTok (TikTok/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Viral kegiatan mukbang tahu goreng atau hahu hoheng yang dipopulerkan oleh netter Tiongkok. Hal itu membuat tak sedikit orang yang penasarn akan rasanya dan ingin mencobanya termasuk netter Indonesia.

Hahu hoheng sendiri merupakan hidangan tahu yang diiris tipis dan digoreng. Tahu tersebut akan langsung disantap dengan bubuk cabai, sesaat setelah diangkat dari penggorengan dengan minyak mendidih.

Sensasi panas dan pedas hahu hoheng pun membuat banyak orang penasaran dibuatnya. Sayangnya, mukbang yang sedang tren di TikTok ini ternyata menyimpan bahaya untuk kesehatan lho Beauty! Hal tersebut diungkap oleh sejumlah dokter, termasuk Nadia Alaydrus.

Di akun TikToknya, melalui sebuah video dr Nadia menjabarkan sederet bahaya yang bisa ditimbulkan saat seseorang mengikuti tren hahu hoheng.

"Tren makan tahu goreng yang lagi viral banget yang bener-bener panas-panas langsung cocol bubuk cabai langsung dimakan," ucapnnya seperti dikutip dari sindikasi konten Suara.com pada Rabu (17/1/2024).

Lantas apa saja risiko yang bisa terjadi jika mengikuti tren yang sedang viral di TikTok ini? Berikut penjelasannya menurut dr Nadia.

1. Luka bakar di area lidah dan rongga mulut

Makanan panas bisa membuat lidah melepuh dan terbakar, yang kemudian bisa memunculkan sariawan dan rasa tak nyaman di lidah. 

2. Meningkatkan risiko kanker kerongkongan

Tren satu ini juga bisa meningkatkan risiko kanker kerongkongan atau kanker esofagus karena suhu yang terlalu tinggi bisa memberikan efek pada saluran pencernaan bagian atas yaitu di area rongga mulut yang kemudian turun ke kerongkongan yang bisa menyebabkan inflamasi.

"Dan inflamasi inilah yang bisa memicu terjadinya kanker," kata dia.

Menurut sebuah penelitan, lanjut dr Nadia, makanan dan minuman dengam suhu yang tinggi berhubungan positif dengan kejadian karsinoma sel scomosa di esofagus di bagian Cina Barat Laut. 

3. Kerusakan gigi

Makanan yang terlalu panas bisa melemahkan enamel gigi, atau lapisan pelindung paling luar gigi. Kalau enamel rusak, maka gigi akan lebih rentan mengalami kerusakan seperti gigi berlubang.

Artikel Pilihan