Menu

Jangan Dikasih Game Online Terus Moms! Ini 4 Alasan Kamu Perlu Ajak Anak Balitamu Bermain di Luar Bersama Temannya, Hidup Auto Berubah!

17 Januari 2024 15:55 WIB

Ilustrasi anak bermain (Freepik/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Masa pertumbuhan anak dalah masa yang paling penting dan signifikan bisa mempengaruhi kehidupan si kecil. Itulah mengapa pada usia balita atau toddler harus sangat diperhatikan perkembangannya karena kemampuan fisik dan mental mereka sedang bertumbuh dan berkembang secara drastis

Oleh karena itu, balita harus selalu diliputi rasa bahagia agar perkembangannya semakin lancar dan baik.

Salah satu hal yang bisa membuat balita merasa bahagia adalah dengan bermain di luar bersama teman-teman sebayanya. Bermain diluar juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik maupun mental bagi balita.

Berikut 4 alasan kamu perlu mengajak anak balitamu bermain diluar bersama temannya. Yuk, simak baik-baik artikel ini!

1. Anak balita merasa lebih bahagia

Bermain bersama teman-teman bisa lebih membuat anak balita kamu merasa lebih bahagia. Hal itu karena ia semakin merasa diakui keberadaanya. Meskipun begitu, kamu sebagai orang tua tetap harus memantaunya. Karena, meskipun balita merasa senang dan bahagia bersama teman-teman sebayanya, terkadang anak lain atau anak bunda bisa saling membully. 

2. Meningkatkan rasa percaya diri pada anak

Perkembangan mental karena anak yang suka bermain bersama teman-temannya adalah pada tingkat kepercayaan dirinya. Anak akan lebih merasa percaya diri jika di sekolah nantinya, jika sudah terbiasa bergaul dengan temannya sejak balita.

Oleh karena itu, jangan marah ya Bun, jika anak kamu suka merengek minta main diluar bersama teman-temannya. Namun, Bunda juga harus tetap mengatur waktu bermain juga, ya!

3. Belajar mengenal alam

Ada banyak hal yang bisa Bunda kenalkan kepada anak balita jika bermain diluar rumah. Hal itu, bisa membuat anak lebih mengenal alam seperti tumbuh-tumbuhan dan hewan. Daripada belajar secara teori, anak akan lebih mudah mengerti jika sudah melihat secara langsung. Jadi, bermain diluar juga termasuk kedalam belajar mengenal alam secara langsung.

4. Tak terlalu lama bermain gadget

Di era seperti sekarang ini, gadget memang sudah merajai anak-anak balita. Hal itu karena banyaknya konten kreator yang memproduksi konten untuk anak-anak balita. Meskipun ditujukan untuk anak balita, konten juga tetap ada sisi negatifnya. Selain itu, bermain gadget terlalu lama juga tak baik untuk perkembangan saraf motoriknya.

Itulah tadi 4 alasan kamu perlu mengajak anak balitamu bermain diluar bersama temannya. Meskipun sangat dianjurkan bagi balita untuk bermain di luar, tetapi kamu sebagai orang tua tetap harus mengatur waktunya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, ya Moms!