Menu

Kebiasaan Remeh Tapi Bermanfaat yang Bikin Kamu Terhindar dari Bruntusan, Bukan Cuma Pakai Basic Skincare Lho Beauty!

19 Januari 2024 16:25 WIB

Ilustrasi. (Freepik/master1301)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu sering menghadapi masalah bruntusan yang terasa gatal di wajah? Usut punya usut menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 19 Januari 2024, menjelaskan jika bruntusan tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor.

"Selain karena biang keringat (miliaria), bisa juga muncul karena faktor lain, misalnya folikulitis, jerawat, dermatitis kontak, dermatitis atopik, erupsi obat, tinea capitis, pompholyx, keratosis pilaris, milia, dan sebagainya," jelas dr. Nadia dikutip Herstory.

Sementara itu, untuk menangani bruntusan ini, kamu bisa melakukannya dengan berbagai cara, tapi harus disesuaikan dengan kondisi kulit kamu, keparahan bruntusan, dan penyebabnya.

Jadi, untuk menghempaskan bruntusan, Beauty tak sembarangan menggunakan produk skincare, ya! Karena jika salah bisa-bisa bruntusan kamu tambah parah, Beauty.

Sementara itu, jika bruntusan yang kamu alami masih tergolong ringan, kamu bisa coba melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut ini. Meski terkesan simpel sangat bermanfaat untuk mengatasi bruntusan lho.

Kebiasaan yang harus dilakukan agar bisa mengatasi bruntusan

  1. Beauty harus memastikan selalu mencuci wajah 2 kali sehari dengan sabun yang kandungannya non-iritatif dan hipoalergenik. Setelah itu, keringkan dan jangan gosok wajah, apalagi dengan keras.
  2. Rajin keramas, pastikan rambut kamu, apalagi yang di sekitar dahi itu tak lembap. Jika perlu kamu bisa memotong poninya jadi pendek.
  3. Hindari memencet dan mencungkil bruntusan di kulit wajah, ya.
  4. Jangan menggunakan make up terlalu tebal.
  5. Tak memegang wajah dengan tangan kotor.
  6. Coba perbaiki sirkulasi udara di tempat kamu beraktivitas.
  7. Batasi makanan dan minuman pedas.
  8. Batasi cemas dan stres yang berlebihan agar tak berkeringat terus menerus.
  9. Minum banyak air putih dan rajin makan buah serta sayur.
  10. Rutin melakukan eksfoliasi kulit wajah setiap 2 kali dalam seminggu, kamu bisa coba gunakan campuran gula dan madu atau lidah buaya.

Jika tak kunjung sembuh, barulah pergi periksa ke klinik kecantikan ya Moms.

Artikel Pilihan