Menu

Cara Memanfaatkan Wortel agar Bermanfaat untuk Kecantikan dan Kesehatan Beauty, Ternyata Bisa Bikin Wajah Jadi Lembap!

22 Januari 2024 08:00 WIB

Wortel. (Unsplash/Jonathan Pielmyer)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu suka wortel? Jika suka beruntunglah, menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 19 Januari 2024, ternyata wortel ini mengandung sarat nutrisi.

Kamu tahu gak, ternyata wortel ini bukan hanya mengandung vitamin A, tapi juga tinggi serat, biotin, vitamin K1, kalium, karbohidrat, vitamin B6, serta antioksidan, mulai dari beta dan alfa karoten, lutein, likopen, poliasetilen, dan sebagainya.

Dengan begitu banyaknya kandungan dalam wortel, tak heran, sayuran satu ini memiliki banyak manfaat baik untuk kecantikan maupun kesehatan.

"Wortel memang sangat baik dalam menunjang kesehatan mata, seperti menurunkan risiko terjadinya rabun senja, degenerasi makula, dan banyak lagi penyakit lainnya. Bagi kulit pun, wortel dinilai baik untuk menjaga kelembabannya, melindunginya agar tidak terbakar sinar matahari, mengoptimalkan regenerasi selnya, meredakan peradangan, mempercepat penyembuhan luka, dan mencegahnya mengalami kanker," jela dr. Nadia dikutip Herstory, Senin (22/1/2024).

Untuk mendapatkan manfaat dari wortel tersebut, Beauty bisa langsung mengonsumsinya saja atau diolah untuk jadi beberapa jenis makanan. Misalnya dikukus, tumis, maupun direbus.

"Bisa juga, wortel Anda aplikasikan langsung ke wajah usai dihaluskan terlebih dulu. Namun, tindakan ini belum banyak diteliti manfaat spesifiknya dan berisiko juga memicu alergi pada orang yang sensitif, sehingga sebaiknya tidak sembarangan juga Anda lakukan ya," jelas dr. Nadia.

Berkaitan dengan itu, jika Beauty jika masih ragu menggunakan wortel untuk masker, sebaiknya konsultasi dengan dokter.