Menu

Anak Kedua Marshel Widianto Lahir dengan Terlilit Tali Pusar hingga 2 Kali, Apa Sih Bahayanya untuk Bayi Moms?

27 Januari 2024 21:50 WIB

Bayi menangis (pinterest/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Belakangan ini tengah ramai diperbincangkan bahwa anak kedua Marshel Widianto dan Cesen lahir lebih cepat dari tanggal prediksi dokter bahkan hingga mengalami terlilit tali pusar sebanyak dua kali.

Untungnya, bayi tersebut bisa diselamatkan dan lahir dengan sehat.

Mungkin saja, untuk beberapa ibu sudah seringkali mendengar istilah bayi yang terlilit tali pusar ini kan? Meski kondisi ini tak berbahaya, tentu saja tak boleh disepelekan ya Moms!

Bayi terlilit tali pusar dapat dialami janin ketika sudah mulai bergerak dalam kandungan. Dalam istilah medis, bayi terlilit tali pusar disebut nuchal cord, Moms.

Hal ini disebut normal karena 70 persen dari semua kehamilan bisa mengalami hal ini. Pasalnya, penyebab utama bayi terlilit tali pusar adalah karena gerakan janin di dalam kandungan.

Meski tak spesifik, jumlah lilitan tali pusar sebanyak satu kali biasanya masih dianggap normal ya Moms.

Lalu, apakah ada efek atau bahaya yang dirasakan si kecil karena hal ini?

Tentu jika kondisi janin baik, Moms tak perlu panik ya! Kebanyakan kasus terlilit tali pusar tak pernah membahayakan janin. Namun, di kondisi yang tak normal hal ini tentu bisa bahaya karena bisa menyebabkan bayi meninggal karena kekurangan oksigen atau hambatan perkembangan pada si kecil.