Menu

Ternyata Cemburu yang Berlebihan Membuat Hidupmu Berantakan, Ini Penyebabnya

05 Maret 2021 15:25 WIB

Pasangan (Pinterest/Bechir Houman)

HerStory, Jakarta —

Cemburu menguras hati, begitu pepatahnya. Cemburu adalah hal yang biasa bagi beberapa orang, ada hal-hal kecil yang mebuat pasangan cemburu dengan mudan. Sikap mudah cemburu bisa merusak hubungan kamu dan juga merusakan kesehatan jiwa dan fisik kamu sendiri. Mengutip dari goodhousekeeping (05/03/2021) pasangan yang mudah cemburu akan secara perlahan merusak hidup. Supaya hidup kamu nggak berantakan karena kecemburuan, pertama kamu harus memahami apakah itu cemburu atau rasa iri?

Misalnya, saat datang ke sebuah perayaan pernikahan, pasangan kamu mengobrol dengan mantannya, dan kamu merasa cemburu. Padahal sebenarnya enggak lho Beauty, kamu hanya iri karena mungkin dia memakai baju yang lebih bagus. Rasa cemburu datang dari hati, jika baru memandang fisik dan kamu cemburu, itu bukan cemburu tapi iri. Jadi, bersikaplah biasa saja, jika kamu merasa ada yang janggal dari mereka, komunikasikan. Jangan membuat rasa iri menjadi cemburu yang membuat kamu overthinking dan memikirkan hal yang nggak perlu. 

Dengan memahami apa yang membuat kamu cemburu juga sangat penting. Jangan asal cemburu dengan hal yang tidak penting, perhatikan hal-hal yang benar-benar membuat kamu cemburu. Misalnya, ada sebuah acara reuni dan kamu anggap pasanganmu datang karena ada mantannya, padahal sebenarnya enggak. Hal seperti ini yang membuat kamu bingung sendiri dan membuat cerita sendiri tanpa tahu faktanya. 

Mengenali penyebab kamu cemburu sangat perlu, sebelum kamu salah mengartikan sesuatu dan mengambil langkah lebih lanjut. Karena, dengan cemburu kepada hal yang nggak seharusnya bisa menguras hati dan capek.

Jadi, jangan cepat cemburu akan hal-hal yang nggak seharusnya dicemburukan, selain dapat merusak hubungan juga dapat membuat hidup kamu berantakan. Karena biasanya, orang yang cemburu akan overthinking dan melakukan hal-hal yang diluar duagaan. Tetap positive thinking dan komunikasikan dengan baik. 

Share Artikel:

Oleh: Tiara Sekarini

Artikel Pilihan