Menu

Eits, Jangan Ngeyel Moms! Ini 3 Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat, Bahaya Jika Dikonsumsi Terlalu Banyak!

01 Februari 2024 15:55 WIB

Ilustrasi Sakit lutut akibat asam urat. (Pexels/Kindel Media)

HerStory, Jakarta —

Untuk penderita asam urat, makanan sangat berpengaruh pada kesehatannya karena beberapa makanan mungkin bisa saja memperparah kondisi asam urat.

Asam urat sendiri merupakan zat sisa yang dihasilkan oleh tubuh saat mencerna makanan tertentu. Untuk kondisi yang paling umum, biasanya akan muncul rasa nyeri di beberapa bagian tubuh dan disertai pembengkakan apabila kadar asam urat sedang naik.

Dalam mengonsumsi makanan, beberapa jenis sumber pangan seperti kacang-kacangan sangat dihindari oleh penderita asam urat. Selain itu makanan tinggi kandungan purin yang bisa memicu kadar asam urat juga perlu dihindari. Berikut 3 makanan yang sebaiknya dibatasi atau dihindari dikonsumsi oleh penderita asam urat.

1. Jeroan

Salah satu jenis makanan yang perlu dihindari dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah bagian jeroan. Melansir dari artikel berjudul “Gout Diet: Foods to Eat and Avoid”, jeroan atau organ dalam hewan seperti sapi, kambing, ayam atau bebek tak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Bagian seperti usus, hati, limpa, otak, ginjal dan jantung mengandung kadar purin yang cukup tinggi dan bisa meningkatkan kadar asam urat pada seseorang. Bahkan, kendati cara memasak bahan pangan tersebut dengan sedikit minyak atau direbus, tetap tak mengurangi risiko meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh seseorang.

2. Daging Merah

Meskipun orang yang menderita asam urat diperbolehkan mengonsumsi daging-dagingan, namun bagi penderita asam urat tak disarankan untuk mengonsumsi daging-dagingan berwarna merah seperti daging sapi, babi, kambing ataupun domba. Melansir dari artikel berjudul “Gout Low Purine Diet”, daging merah memiliki kandungan purin yang cukup tinggi dan bisa memicu meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Sebaiknya mengganti mengonsumsi daging lain seperti daging ayam, telur maupun ikan sebagai sumber protein hewani. Disarankan pula untuk mengonsumsi sumber protein nabati seperti tahu dan tempe.

3. Minuman Kemasan

Minuman kemasan berperisa yang umumnya dijual di toko swalayan dan supermarket juga tak disarankan dikonsumsi oleh penderita asam urat. Hal ini dikarenakan umumnya minuman tersebut mengandung kadar fruktuosa yang tinggi dan dapat memicu meningkatnya kadar asam urat dalam darah. Selain minuman kemasan, penderita asam urat juga tak disarankan mengonsumsi manisan dari buah-buahan karena juga berisiko memiliki kadar gula yang cukup tinggi.

Nah, itulah beberapa sumber pangan yang disaranakan tak dikonsumsi oleh penderita asam urat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Pilihan