Menu

Eits, Jangan Dikupas Ya! Ini 5 Buah yang Kulitnya Kaya Vitamin dan Nutrisi, Ternyata Baik untuk Kesehatan Tubuh Lho! Sudah Tahu Belum?

08 Februari 2024 20:50 WIB

Ilustrasi rujak buah (Pixabay/SusannWeiss)

HerStory, Jakarta —

Ketika ingin mengkonsumsi suatu buah, sudah menjadi kebiasaan untuk mengupas bagian luar atau kulitnya sebelum disantap. Kamu juga seperti ini gak?

Namun, ada beberapa jenis buah dan sayuran yang bisa disantap sekaligus dengan kulitnya, lho. Bahkan, menurut Healthline kulit buah lebih banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Mau tahu buah dan sayuran apa saja? Yuk, intip pembahasannya di bawah ini!

1. Apel

Ternyata kulit apel terdiri dari sejumlah nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti serat larut, vitamin A, vitamin C, dan senyawa antioksidan yang dikenal dengan flavanoid.

Meski begitu, perlu diperhatikan lebih teliti dalam mengonsumsi apel, ya. Kamu harus tetap berhati-hati karena kulit apel mengandung pestisida cukup tinggi dibandingkan pada kulit buah lainnya.

Pastikan untuk mencucinya dengan bersih atau pilihlah apel organik untuk asupan buah sehari-hari.

2. Plum

Menurut laman The Healthy, buah plum kaya akan banyak serat, mineral, senyawa antioksidan, dan vitamin yang baik untuk tubuh.

Selain itu, manfaat serat yang tinggi dalam kulit buah juga dapat membuat kamu tahan lapar lebih lama. Oleh karena itu, buah plum bisa dijadikan opsi makanan ketika tengah diet.

3. Kiwi

Tak banyak yang tahu bahwa kulit kiwi juga bisa langsung disantap. Selain mengandung serat, kulit buah kiwi juga kaya akan vitamin C. 

Namun, pastikan mengiris kulit buah kiwi secara tipis untuk meredam bulu-bulu halus yang ada di buah tersebut.

4. Wortel

Selain mengandung vitamin A yang tinggi, wortel juga dikenal kaya akan senyawa poliasetilen yang terdapat di kulit wortel. Menurut laman Prevention, senyawa ini dapat membantu melawan sel kanker sekaligus bersifat antijamur dan antibakteri.

5. Terong 

Kulit terong sudah lama dikenal dengan kandungan antioksidan bernama nasunin. Menurut penelitian yang dilakukan pada hewan, nasunin bertugas untuk menjaga kesehatan jaringan otak. 

Nasunin juga menjadi salah satu bagian dari antioksidan flavonoid. Flavonoid sendiri merupakan senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan secara optimal.

Itu tadi 5 buah dan sayuran yang tak perlu dibuang kulitnya karena kaya nutrisi. Jadi, gak bingung lagi, kan?

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan