Menu

Pantas Laris Manis Jadi Menu MPASI! Ini 3 Manfaat Konsumsi Hati Ayam untuk Kesehatan Tubuh, Orangtua Juga Bisa Rasakan Khasiatnya Lho!

27 Februari 2024 14:25 WIB

Hati Ayam Bumbu Kecap (Instagram/@susie.agung)

HerStory, Jakarta —

Salah satu bahan makanan yang cukup banyak dikenal karena mudah ditemukan dan murah adalah hati ayam. Gak cuma itu saja, hati ayam juga digolongkan organ tubuh atau jeroan yang paling banyak dikonsumsi karena terkenal memiliki citarasa yang gurih dan berlemak lho Moms!

Bahkan, karena mengandung lemak tak jenuh dan dapat menunjang kesehatan apabila dikonsumsi, hati ayam seringkali menjadi pilihan tepat sebagai menu MPASI.

Hal inilah yang membuat mengonsumsi hati ayam memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut 3 manfaat kesehatan dari mengonsumsi hati ayam.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Hati ayam merupakan salah satu bagian organ ayam yang memiliki kandungan zat besi, asam omega-3 dan omega-6 yang baik bagi tubuh. Melansir dari artikel yang terbit dalam “National Institute of Health”, kandungan omega-3 dan omega-6 yang terdapat pada hati ayam dapat membantu menjaga kesehatan darah serta jantung.

Hal ini karena kedua senyawa tersebut dapat menekan perkembangan kolestrol jahat dalam darah dan menambah jumlah kolestrol baik (HDL) yang bermanfaat bagi jantung. Selain itu, kandungan zat besi pada hati ayam yang mencapai 15,8 mg per 100 gram juga dapat menambah tekanan darah dan menekan risiko terjadinya anemia.

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan hati ayam juga diyakini mampu menjaga kesehatan otak. Melansir dari laman halodoc.com, hati ayam kaya akan vitamin B12 dan B Kompleks yang mampu menjaga kesehatan otak, khususnya pada anak-anak dan remaja. Hal inilah yang membuat hati ayam cukup direkomendasikan dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja yang masih pada masa pertumbuhan.

Selain itu, hati ayam juga cukup kaya akan protein. Melansir dari data yang dirilis oleh USDA Food Data Central, setiap 100 gram hati ayam mengandung sekita 16 gram protein dan 16 gram lemak. Kedua senyawa tersebut cukup bermanfaat bagi penambah stamina dan membantu pembentukan massa otot apabila dikonsumsi dengan jumlah yang dianjurkan.

3. Mengoptimalkan Fungsi Mata

Selain mengandung vitamin B kompleks, hati ayam juga memiliki kandungan vitamin A yang baik bagi mata. Melansir dari situs hellosehat.com, kandungan vitamin A pada hati ayam yang berbentuk retinol mampu menjaga kesehatan mata apabila dikonsumsi, khususnya bagi orang-orang berusia lanjut yang memiliki masalah kerabunan. Komponen retinol ini dapat langsung diserap oleh tubuh seusai mengonsumsi hati ayam dan digunakan untuk menjaga kesehatan mata.

Nah, itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi hati ayam bagi tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.