Menu

Gak Perlu Pergi ke Dokter! Ini 3 Cara Mudah Obati Sakit Mata dengan Bahan Rumahan, Kamu Mau Buktikan?

27 Februari 2024 10:55 WIB

Mata bintitan. (Google/All About Vision)

HerStory, Jakarta —

Salah satu jenis penyakit yang sangat membuat tak nyaman adalah sakit mata. Pasalnya, karena sakit mata bisa membatasi aktivitas dan keseharian sehingga sangat mengganggu. Setuju gak Beauty?

Hal itu disebabkan karena akan ada banyak keluhan yang timbul akibat sakit mata, di antaranya seperti membuat mata menjadi merah, mata kering, berair, dan mata akan terasa nyeri dan pedih.

Sakit mata biasanya timbul karena alergi, infeksi, atau iritasi dan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu. Selain mengobati sakit mata dengan berbagai resep obat mata dari dokter, kamu juga bisa menggunakan cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah, untuk meredakan, sekaligus bisa mengobati sakit mata.

Disadur dari alodokter, berikut beberapa cara ampuh yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit mata tanpa perlu ke dokter, dengan menggunakan obat alami berikut ini. Yuk simak!

1. Teh

Teh mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan keluhan pada mata, seperti mata merah, mata kering, dan mata bengkak. Kamu dapat menggunakan berbagai jenis teh untuk mengobati sakit mata, seperti teh hijau, teh hitam, atau teh chamomile.

Cara menggunakannya, dengan mendinginkan kantung teh di dalam kulkas kira-kira selama 10 menit, kemudian setelah di dinginkan, kompres mata yang sakit dengan kantung teh tersebut. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari.

2. Kompres hangat

Salah satu cara alami untuk mengobati mata merah, mata iritasi, dan mata kering adalah dengan kompres hangat. Karena dengan kompres hangat bisa membantu merelaksasi otot mata, sehingga akan mengurangi nyeri pada mata.

Kompres hangat dapat dilakukan dengan merendam kain yang bersih di air hangat, kemudian peras kain yang sudah di rendam tersebut, lalu gunakan kain tersebut untuk mengompres mata paling tak 2-3 kali dalam sehari.

3. Kompres dingin

Selain dengan kompres hangat, kamu juga dapat mengobati keluhan sakit mata dengan kompres dingin. Dengan cara merendam kain bersih di air dingin atau menaruh dalam lemari pendingin.

Setelah beberapa menit ambil kain tersebut lalu kompres mata yang sakit. Lakukan cara ini paling tak 2-3 kali dalam sehari.

Itulah 3 cara ampuh untuk mengobati sakit mata, tanpa kamu perlu ke dokter yang bisa dilakukan di rumah. Namun, jika setelah menggunakan cara alami ini selama 2 minggu, sakit mata kamu tak kunjung sembuh, kamu perlu meminta resep khusus dari dokter. Karena mungkin sakit mata yang kamu derita terlalu parah.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza