Menu

Sederhana! Ternyata Makan Malam Bersama Anak Memiliki Banyak Manfaat yang Perlu Moms Tahu

07 Maret 2021 22:15 WIB

Makan malam (Unsplash/National Cancer Institute)

HerStory, Jakarta —

Makan malam adalah sebuah kegiatan rutin setiap malam yang dilakukan. Tetapi, makan malam bersama keluarga menjadi hal yang sudah jarang dilakukan. Hal ini terjadi karena kesibukan dan berkembangnya teknologi dan gaya hidup baru. Padahal, dengan makan malam bersama keluarga bisa sangat bermanfaat untuk anak dan anggota keluarga lain. 

Banyak orang tua yang sibuk dan memilih untuk makan malam sendiri, karena bisa kemalman jika harus pulang dahulu. Padahal dengan makan malam bersama anak, Moms bisa membuat anak banyak belajar. Dikutip dari Lifehack (7/03/2021) banyak manfaat yang didapat anak saat makan malam bersama. Waktu weekend adalah waktu yang tepat untuk melakukan hal ini. Jadi sisakan waktumu ya, Moms.

Membantu Anak Berkembang 

Menikmati dan mengobrol bersama bisa membuat anak berkembang. Dengan mengobrol anak bisa meningkatkan bahasa, interaksi, dan etika saat makan. Selain itu, anak juga bisa belajar hal baru, seperti belajar menggunakan sumpit saat makan ataupun belajar meletakkan sendok dan garpu yang benar pada saat makan. Dengan ini, anak dapat berkembang dan mempunyai hal baru yang bisa dibagikan dengan teman-temannya. 

Memperbaiki kesehatan mental anak

Bertukar pikiran dan berbagi cerita merupakan bagian dari makan malam. Pada makan malam, anak mempunyai kesempatan untuk berbicara kepada orang tuanya tentang kegiatannya, sekolah, ataupun kekesalannya terhadap sesuatu.

Hal ini penting untuk meningkatkat mental anak karena dia dapat mendengar solusi dari berbagi pihak dan membuatnya mempetimbangkan sesuatu. Selain itu,anak juga merasa dipehatikan, didengarkan, dan juga dihormati.  

Meningkatkan Kesehatan Anak

Dengan mnikmati makan malam bersama, anak bisa belajar untuk memakan sayur. Moms bisa mngenalkan sayur pada saat makan malam dan menyuruh anak untuk mencobanya. Setelah itu, Moms bisa menjelaskan apa yang terjadi jika anak mengonsumsi makan tersebut. Menmbuat anak menyukai sayur memang hal yang sulit, atpi dengan mencobanya pada saat makan malam mungkin anak bisa lebih menerimanya. 

Meningkatkan Bonding 

Makan malam bisa dimulai dari memasak makan malam bersama, dengan memasak bersama anak akan merasa dilibatkan dan merupakan kegiatan yang menyenangkan. Setelah masakan sudah mau selesai, siapkan meja sesuai dengan kemauan anak, hal ini bisa mengajarkan anak anak soal kerapihan.

Setelah itu, duduk bersama sambil menikmati makan malan dan jangan lupa berterima kasih kepada anak karena sudah membantu menyiapkan makan malam. Karena semakin banyak menggahbiskan watu bersama, semakin kuat juga hubungan anak dengan Moms.

Share Artikel:

Oleh: Tiara Sekarini