Menu

Rekomendasi Susu dengan Kandungan Lemak 0 Persen, Gak Usah Naik Berat Badan dan Obesitas Beauty!

05 Maret 2024 13:35 WIB

Ilustrasi Susu (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, penderita diabetes setiap harinya terus meningkat. Hingga saat ini, obesitas masih menjadi kasus yang sangat mengkhawatirkan di Indonesia, di mana dalam sepuluh tahun angkanya meningkat signifikan dari 10,5% pada 2007 menjadi 21,8% pada 2018 .

Jika tidak segera diintervensi maka Indonesia akan kesulitan dalam memanfaatkan bonus demografis menuju Indonesia Emas 2045 karena obesitas menjadi pencetus berbagai penyakit tidak menular yang mematikan seperti kardiovaskular, diabetes hingga ginjal. Kementerian Kesehatan RI pun melakukan berbagai upaya untuk menekan laju prevalensi obesitas agar prevalensinya tetap sebesar 21,8% hingga akhir 2024.

Maka dari itu, banyak pihak melakukan pencegahan atau menanggulangi masalah diabetes,  termasuk oleh  PT Greenfields Dairy Indonesia (Greenfields) yang turut menyebarkan edukasi cara menghindari obesitas dengan menyerukan pentingnya pemenuhan nutrisi secara adekuat, termasuk dengan rutin mengonsumsi susu.

Bertepatan dengan Hari Obesitas Sedunia, Greenfields meluncurkan varian produk Susu Greenfields Bebas Lemak 0% (Skimmed) untuk seluruh masyarakat Indonesia agar bisa merasakan kebaikan susu tanpa takut berat badan bertambah dan berisiko terkena obesitas. Itu karena Greenfields Bebas Lemak 0% (Skimmed) ini bebas lemak, mengandung banyak nutrisi alami penting, tapi rasanya tetap enak.

Fiona Anjani Foebe, Chief Marketing Officer Greenfields Indonesia, mengatakan, “Beberapa tahun terakhir Hari Obesitas Sedunia memiliki misi untuk terus mengkomunikasikan permasalahan obesitas guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat. Untuk itu, Greenfields juga ingin berpartisipasi menggaungkan isu obesitas karena masih banyak tantangan di tengah masyarakat, diantaranya perilaku sendentari atau kurang gerak akibat kemajuan teknologi hingga mudahnya akses ke beragam ‘jajanan’. Di sisi lain, meski sebagian masyarakat mulai bergeser ke pola hidup yang lebih sehat, penerapannya masih kurang tepat, seperti saat mengonsumsi susu, mulai dari pemilihan jenis susu, tidak mengecek isi kandungannya, atau ada pula yang justru menghindari susu karena takut dengan kadar lemaknya.”

“Greenfields ingin jadikan hari ini sebagai momentum untuk mengedukasi dan mengingatkan masyarakat bahwa susu merupakan salah satu sumber pangan protein hewani yang berperan penting di tiap tahapan kehidupan sehingga baik untuk rutin dikonsumsi setiap hari. Bagi yang ingin menghindar dari lemak atau yang memiliki berat badan berlebih, Greenfields Skimmed sangat cocok menjadi pilihan karena sudah dipastikan 0% lemak namun tetap dapat mencukupi nutrisi harian mereka,” tambah Fiona.

Selain disarankan untuk aktif berolahraga, kondisi kegemukan atau obesitas dapat diatasi dan dicegah melalui pengaturan pola makan sehat secara seimbang dengan memerhatikan jenis dan jumlah asupan kalori. Seringkali susu berbasis protein hewani tidak disertakan atau justru digantikan dalam diet sehari- hari, padahal banyak kandungan nutrisi alami yang hanya bisa didapatkan dari susu berbasis protein hewani seperti susu sapi segar, di antaranya berbagai nutrisi bioactive dan kandungan asam amino.

Fakta ini ditanggapi oleh dokter spesialis gizi yang telah menangani banyak kasus berat badan berlebih, dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp. GK, “Kenaikan berat badan itu diakibatkan karena asupan yang masuk ke tubuh lebih tinggi daripada yang dibutuhkan, sehingga kita perlu lebih mawas dalam makan dan minum. Beberapa tips dari saya diantaranya: 1) Pastikan input kalori ke tubuh lebih rendah dari output; 2) Gunakan teknik masak ‘ramah lemak’ sedikit minyak; 3) Kurangi menu gorengan; 4) Batasi jumlah karbohidrat dan jangan dikombinasikan seperti nasi dengan kentang atau mie; 5) Perhatikan waktu makan atau minum, maksimal 18.00 karena tubuh membutuhkan waktu memproses makanan sebelum kita beristirahat.”

“Lalu yang tidak kalah penting adalah jangan takut minum susu berbasis protein hewani karena akan bantu melengkapi nutrisi harian kita. Untuk diet yang lebih sehat, bisa memilih susu sapi berkualitas dari 100% susu segar yang rendah lemak atau yang fat free – dikenal sebagai skimmed milk, biasanya lemak susu sudah dihilangkan tanpa mengubah kandungan nutrisi alaminya. Sejumlah penelitian bahkan menemukan bahwa susu sapi dengan kadar tinggi protein efektif dalam membantu proses penurunan berat badan pada orang dewasa. Hal ini karena protein bersifat mengenyangkan sehingga dalam banyak kasus membuat orang menunda makan atau enggan makan. Dalam pola diet orang dewasa, susu baik dikonsumsi ketika sarapan bersama buah atau karbohidrat sehat seperti kentang rebus contohnya,” ujar dr. Chris.

dr. Chris juga berpesan bahwa sebenarnya susu berbasis protein nabati dapat menjadi alternatif bagi yang memiliki alergi namun harus cermat juga dalam memilih karena ada sumber susu nabati yang baiknya dihindari jika sedang menurunkan berat badan. Seperti susu soya yang biasanya dikemas dengan kandungan gula yang tinggi dan susu oat yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi.

Melalui varian Skimmed yang bebas lemak, Greenfields menyediakan pilihan sempurna dan lebih aman untuk kamu yang ingin mengurangi asupan lemak tapi tetap dapat nutrisi alami dari 100% susu sapi segar yang 100rasal dari peternakan sendiri. Dengan komitmen #BeraniEXTRA, seluruh produk susu Greenfields terjamin kualitasnya karena prosesnya terintegrasi dari hulu ke hilir dan menggunakan teknologi yang canggih. Susu Greenfields Skimmed tersedia dalam jenis fresh milk dan UHT yang sangat cocok untuk konsumsi di rumah setiap hari.

“Yuk ubah pola hidupmu di Hari Obesitas Sedunia ini! Penuhi kecukupan nutrisi tubuh dengan asupan susu yang berkualitas bersama Susu Greenfields Bebas Lemak 0% (Skimmed) yang memberikan 100% Goodness agar tubuh selalu sehat dan tentunya berat badan dapat terjaga tetap ideal!” tutup Fiona.

Artikel Pilihan