Menu

Ini yang Harus Beauty Lakukan Jikaa Kulitmu Gatal-gatal, Hati-hati Disebabkan oleh Jamur!

06 Maret 2024 15:54 WIB

Ilustrasi gatal-gatal. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu sering menghadapi masalah kulit yang gatal? Usut punya usut, menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada 6 Maret 2024, gatal-gatal di kulit bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari eksim, bahkan ada parasit yang hinggap, lho Beauty.

"Gatal-gatal pada kulit penyebabnya beragam bisa akibat kulit kering, eksim, alergi, infeksi pada kulit akibat virus, bakteri, jamur dan parasit, serta juga bisa akibat karena stres, penyakit gangguan saraf dan ginjal," tutur dr. Riza saat menjelaskan penyebab kulit gatal dikutip Herstory, Rabu (6/3/2024).

Tapi, dari sekian banyaknya penyebab, menurut dr. Riza paling sering gatal di kulit disebabkan oleh gangguan pada kulit. Jadi, meski kulit kamu bersih pun, jika ada paparan dan kontak dengan pemicu atau infeksinya, maka keluhan gatal kamu akan meradang.

Cara cegah kulit gatal

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari penjelasan dr. Riza, Beauty bisa mengatasi gatal dengan menggunakan sabun antibakteri. Tapi Beauty uga bisa mengobatinya dengan bedak gatal atau lotion calamine yang mengandung mentol sehingga terasa dingin.

"Dapat dioleskan saat gatal atau setelah mandi selain itu bisa dikombinasi dengan obat antihistamin yang bisa anda beli bebas di apotik," saran dr. Riza.

Di sisi lain, jika kulit Beauty kering, sebaiknya kamu hindari menggunakan sabun antibakteri, tapi pilihlah sabun dengan bahan lembut tanpa kandungan alkohol. Kamu pun bisa menggunakan sabun bayi ditambah dengan pelembap setelah mandi.

"Namun jika adanya ruam maka perlu penanganan lebih lanjut ke dokter ya baik secara langsung atau melalui chat via aplikasi alodokter," tutur dr. Riza.

Artikel Pilihan