Menu

Beauty Muncul Jerawat pada Alis? Ini Dia Penyebabnya

08 Maret 2021 10:55 WIB

Penggunaan pensil alis. (Pinterest/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Ternyata, jerawat bisa muncul di mana saja termasuk pada alis. Biasanya hal ini terjadi karena ada penyebabnya.

Selain terjadi karena penyumbatan pada pori-pori, jerawat juga terjadi disebabkan oleh folikel yang tersumbat dengan minyak dan bakteri. Hal inilah yang menyebbakan mengapa jerawat muncul pada alis atau sekitar rambut.

Biasanya jerawat pada alis sering terjadi pada kulit berminyak dan sensitif. Selain itu, faktor genetik banyaknya bulu halus pada wajah pun salah satu penyebabnya.

Meskipun kecil, tetapi jerawat pada alis sangat menganggu. Apa lagi sekarang setelah menggunakan masker, penampilan mata menjadi bagian yang utama. Oleh karena itu hampir setiap wanita ingin terlihat matanya yang tajam dan indah.

Hampir semua wanita mulai memperhatikan penamiplan matanya. Maka dari itu, banyak yang menggunakan riasan mata seperti pensil alis, eyeliner, dan eye shadow. Namun adanya jerawat disekitar alis dapat mengurangi hasil make-up mata. Sebelum kamu ketahui cara mengatasinya, kamu bisa kenali penyebabnya agar bisa menghindarinya.

Dilansir dari (08/03/2021), berikut penyebab jerawat yang muncul pada alis

Rambut yang Tumbuh Ke Dalam

Rambut yang tersangkut di bawah kulit menyebabkan tumbuh ke dalam. Rambut ini dapat menarik kotoran, bakteri, dan sel kulit mati yang berada di dalam folikel rambut sehingga menimbulkan jerawat di alis.

Hal ini bisa diatasi dengan eksfolisasi. Agar hasil yang maksimal dan jerawat benar-benar tuntas, dianjurkan untuk eksfolisasi rutin misalnya seminggu sekali.

Threading dan Waxing

Beauty dua hal ini bisa menyebabkan jerawat pada alis lho bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Hal ini disebabkan karena kotoran dan bakteri yang tersumbat di dalam folike.

Oleh karena itu, sebelum melakukan threading dan waxing kamu perlu melakukan eksfoliasi terkebih dahulu. Kemudia selesainya kamu bisa megoleskan lidah buaya atau es batu untuk menenangkan kulit.

Membersihkan Alis Kurang Bersih

Penampilan mata menjadi bagian yang utama, apa lagi alis. Menggunakan produk make-up seperti pensil alis atau liquid brow pun sedang tren di jaman sekarang. Tetapi masih banyak dari kamu yang membersihkannya asal.

Walaupun bagian alis ini dikit, kamu tetap harus membersihkannya hingga sisa make-up pun hilang. Jangan sampai menyisakan sedikitpun sisa make-up karena hal ini bisa menimbulkan jerawat pada alis.

Selain itu, peralatan make-up yang kotor juga bisa menyebabkan hal ini terjadi. Peralatan make-up yang kotor mengandung bakteri sehingga bakteri menempel pada alis dan bercampur dengan sisa make-up maka timbul jerawat pada alis.

Nah, jadi Beauty sudah tahu kan penyebab jerawat yang muncul pada alis? Sebisa mungkin hindarinya ya karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Artikel Pilihan