Menu

Bukan Cuma Gigitan Serangga, Ini Lho 15 Penyebab Bintik Merah pada Kulit, Benarkah Tanda Penyakit Bahaya Beauty?

15 Maret 2024 17:15 WIB

Ilustrasi bintik-bintik merah campak pada anak. (Shutterstock/Prostock-studio)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu memiliki bintik merah pada kulit? Usut punya usut, hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal, lho Moms. Mungkin ada yang karena bawaan lahir, atau tanda penyakit tertentu.

Di samping itu, Moms harus tahu jika  kondisi kulit yang kamu alami bisa saja menandakan kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan, lho. Kamu harus hati-hati karena banyak masalah kesehatan yang awalnya ditandai dengan perubahan kulit, salah satunya adanya bintik merah tapi tak terasa gatal.

Maka dari itu, jika Beauty memiliki tanda merah di kulit tanpa menimbulkan rasa gatal, sebaiknya simak beberapa penyebabnya yang dikutip dari Alodokter berikut ini.

1. Gigitan kutu

Moms, gigitan kutu yang terjadi di kulit biasanya menyebabkan bintik merah. Tapi bintik merah yang terjadi ini biasanya disertai dengan rasa gatal, terbakar, lecet, hingga bengkak, lho.

2. Campak

Salah satu tanda penyakit campak adalah adanya bintik merah di kulit. Biasanya para penderita campak akan merasakan bintik merah jika virus sudah menginfeksi kamu selama 3-7 gari. Jika bintik merah tersebut memang disertai campak, biasanya akan disertai dengan gejala demam, pilek, batuk, mata merah, dan bercak putih di mulut.

3. Tipes

Beauty, kamu harus hati-hati saat bintik merah yang kamu alami tak disertai dengan demam. Itu karena bisa jadi menandakan penyakit tipes atau demam tifoid. Biasanya kondisi ini disertai dengan nyeri otot, sakit perut, kelelahan, serta diare atau sembelit.

4.  Tanda lahir

Jangan khawatir, bintik merah juga bisa jadi tanda taka berbahaya, salah satunya tanda marah sehingga tak akan menimbulkan rasa gatal. Nah, bintik merah karena tanda lahir terjadi karena adanya kelainan pembuluh darah.

5. Ruam popok

Pada bayi yang sering menggunakan popok, hati-hati bisa memicu bintik merah. Nah biasanya ruam popok ini disertai rasa gatal, apalagi untuk anak yang memiliki kulit sensitif.

6.Flu singapura

Moms, tahu gak jika flu singapura ini disebut dengan penyakit kaki tangan dan mulut yang identik dengan munculnya sariawan serta rumah dan bintik merah pada tangan dan kulit sehingga terlihat seperti melepuh dan menonjol.

7. Rosacea

Moms, tahu gak jika ternyata Rosacea ini ditandai dengan munculnya bintik merah yang ukurannya seperti jerawat yang tak gatal di wajah, lho. Tapi biasanya rosacea ini ditandai dengan gejala kulit yang terasa panas, menebal, dan kering serta pembuluh darah di wajah yang membengkak.

8. Penyakit kawasaki

Moms, kamu harus tahu jika penyakit kawasaki itu ditandai dengan demam dan bintik atau ruam merah yang tak gatal di seluruh bagian tubuh. Ruam merah ini biasanya ada di dada, kaki, dan selangkangan. Penyakit kawasaki ini sering dialami oleh balita, lho.

9. Biang keringat

Beauty, tahukah kamu jika biang keringat tandanya ada bintik merah yang disertai dengan sensasi panas dan gatal. Biang keringat ini terjadi karena kelenjar keringat yang terblokir sehingga menghalangi pelepasan keringat di kulit yang akhirnya jadi iritasi kulit.

10. Jerawat

Beauty ternyata jerawat pun bisa memicu adanya bintik merah. Jerawat bisa terjadi karena produksi minyak yang berlebih, pori-pori tersumbat, hingga sel kulit mati dan peradangan.

11. Alergi

Jika kamu alergi terhadap suatu hal, bisa saja makanan, serbuk sari, obat-obatan, dan lainnya. Biasanya menyebabkan ruam gatal, benjolan, atau bintik merah.

12. Sunburn

Paparan sinar matahari bisa menyebabkan suburn, nah salah satu gejalanya ditandai dengan bintik merah yang terasa nyeri.

13. Bercak darah

Moms, tau gak jika adanya bercak darah dalam kulit bisa terlihat seperti bintik merah kecil yang mirip seperti gigitan serangga. Ini biasanya disebabkan adanya pendarahan kecil di bawah kulit.

14. Eczema

Moms, tau gak jika ecZema atau dermatitis atopik merupakan suatu kondisi kulit yang bisa bintik merah, gatal, dan iritasi kulit. Biasanya ini disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan atau, gangguan imunitas tubuh.

15. Cacar air

Moms, penyakit menular cacar air ini biasanya ditandai dengan bintik merah yang ada di kulit. Nah, awalnya bintik merah itu terlihat kecil, namun kelamaan akan berisi cairan dan pecah membentuk kerak sebelum akhirnya sembuh.

Itulah 15 penyebab bintik merah pada kulit.