Menu

Kesehatan Gigi pada Anak Dapat Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak Lho Moms, Simak Yuk Penjelasan Dokter!

21 Maret 2024 15:50 WIB

Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak RS Pondok Indah–Puri Indah drg Alana Aluditasari Sp KGA. (Nailul Iffah/Herstory)

HerStory, Jakarta —

Moms, sebagai orangtua tentu kita harus memperhatikan tumbuh kembang anak dengan baik. Tak hanya itu, Moms juga berperan penting dalam membantu anak menjaga kesehatan gigi dan mulut anak dengan cara menggosok gigi yang benar. 

Kesehatan gigi susu pada anak rupanya bisa memengaruhi kualitas hidup anak loh, Moms. Hal tersebut diungkapkan oleh Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak RS Pondok Indah–Puri Indah drg Alana Aluditasari Sp KGA. 

Pasalnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan orangtua mengenai kesehatan gigi buah hatinya. Salah satunya dengan memastikan anak menyikat gigi 3 kali sehari atau minimal dua kali dalam sehari, pagi dan malam hari. 

Menyikat gigi menjadi hal penting dan wajib dilakukan agar sisa makanan tidak menumpuk di gigi anak. Jika anak dibiarkan malas menyikat gigi, maka bakteri akan lebih mudah menyerang gigi anak Moms. 

"Sore kalau mandi sore mau sikat, boleh. Tapi malamnya jangan lupa. Jadi yang utama justru malam,” jelas dr Alana saat diskusi bersama di Jakarta, Senin (18/3/2024). 

“Kalau kita enggak sikat gigi malam paginya pasti mulutnya asam, nah sisa makanan kan ngumpul di situ tuh, nanti bakterinya senang, bikin giginya jadi gampang berlubang,” sambung dr Alana. 

Selain itu, dr Alana juga mengingatkan takaran pasta gigi yang akan diberikan kepada anak. Di mana Moms harus menyesuaikan takaran pasta gigi bedasarkan usia anak. 

"Sedikit aja sebesar satu butir beras. Jangan dipikir biar bersih, banyak aja deh, enggak begitu. Namun untuk anak usia tiga tahun boleh lebih banyak,” lanjut dr Alana. 

Dan yang harus Moms perhatikan adalah kandungan yang terdapat di dalam pasta gigi. Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride. "Gak bahaya kok, kan penggunaannya sesuai takaran," ujar dr Alana. 

Tak hanya menyikat gigi dengan benar, Moms juga harus memperhatikan nutrisi dengan memilih makanan penumbuh gigi bayi. 

"Defisiensi nutrisi bisa menyebabkan terlambat gigi tumbuh. Beberapa penelitian mengatakan semakin bagus nutrisi anak, semakin cepat ganti giginya. Nutrisi sangat penting," lanjut dr Alana. 

Asupan nutrisi tak hanya dipengaruhi dari anak saja. Kehadiran gigi susu dipengaruhi pula oleh nutrisi ibu. "Gigi susu dipengaruhi nutrisi anak dan ibu. Karena gigi susu dibentuk ibu dalam kandungan," jelas dr Alana.  

Ada banyak asupan nutrisi yang dianjurkan. Di antaranya seperti kalsium dan fosfat. Paling penting adalah ibu harus mengikut  anjuran dari dokter spesialis kandungan. "Vitamin apa saja ikuti. Makan cukup, bergizi, daging-daging dan sayuran," sambung dr Alana. 

Sedangkan dari anak, tak ada yang menyebutkan secara pasti asupan nutrisi apa yang dibutuhkan agar asupan gigi bagus. Namun beberapa jurnal menyebutkan kandungan kaslium dan fosfat sangat diutamakan sekali. 

"Makanan atau suplemen mengandung kalsium dan fosfat. Lalu makan dengan gizi seimbang. Kalau makan seimbang nutrisi akan cukup. Itu cukup untuk gigi," tutup dr Alana.