Menu

Bermula dari Tersedak Nasi hingga Alami Batuk-Pilek, Rina Nose Positif COVID-19

09 Maret 2021 07:40 WIB

Rina Nose (Instagram/rinanose16)

HerStory, Jakarta —

Kabar mengejutkan datang dari artis sekaligus komedian cantik Rina Nose. Istri Jossy Aartsen ini mengabarkan dirinya yang sempat terpapar COVID-19 pada Januari 2021 lalu.

Hal tersebut diungkap Rina lewat unggahan terbarunya di Instagram. Pelantun Maju Mundur Cantik ini, menceritakan kronologi awal dan beragam gejala yang dirasakan sebelum terkonfirmasi terinfeksi virus Corona.

Diakui Rina, mulanya ia sempat tersedak nasi hingga membuat tenggorokannya merasa tidak enak. Setelahnya, ia mulai merasakan kondisi tubuh yang tak sehat dan mengalami berbagai gejala.

"Tanggal 24 Januari lalu, saya sakit (demam, flu, pilek, batuk). Awalnya sih gara2 "keabsekan sangu" (keselek nasi), setelah merasakan tidak nyaman pada tikoro (tenggerokan), kemudian jadi tutuluyan (keterusan)," tulis Rina dalam unggahannya, seperti dikutip, Selasa (9/3/2021).

Saat mengetahui kondisinya yang mengalami berbagai gejala, Rina pun akhinya melakukan rapid tes antigen dan swab PCR. Dari hasil yang didapat, wanita berdarah Sunda itu dinyatakan positif COVID-19.

"Waktu itu saya melakukan rapid test antigen, dan juga melakukan pemeriksaan PCR test dengan metode swab nasofaring dan juga liur. Pekteh (ternyata) POSITF," tutur Rina.

Saat dirinya terkonfirmasi virus Corona, Rina pun berinisiatif melakukan uji coba dengan bantuan suami dan beberapa dokter. Ia melakukan uji coba pada alat tes dan pada dirinya sendiri. Diakui Rina, banyak hal menarik yang ditemukan dari hasil pengujian dan penelitian selama ia sakit. 

"Kebetulan POSITIF, lalu saya kepikiran melakukan uji coba beberapa hal pada alat tes dan pada awak sorangan (badan sendiri), dibantu suami dan dibimbing oleh virolog drh. Indro Cahyono dan istri, serta herbalist dr. Sidi Aritjahja dan dipantau juga oleh beberapa dokter lain, termasik juga Ibu Siti Fadilah Supari (dokter jantung) dan dr. Agni, SpPD," tutur Rina.

"Banyak hal menraik yang kami temukan dari hasil pengujian dan penelitian selama saya sakit..," tuturnya.

Rina pun berjanji akan berbagi cerita mengenai hasil penelitian tersebut lewat sebuah video, yang akan diunggahnya nanti.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha