Menu

Tiati Gula Darah Naik saat Mudik, Ini 5 Cara yang Harus Beauty Lakukan Biar Gak Kejadian!

04 April 2024 05:30 WIB

Alat cek gula darah. (Pixabay/Steve Buissinne)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu mengenal kondisi hiperglikemia? Itu lho kondisi di mana kadar gula dalam darah terus-terusan tinggi. Biasanya hiperglikemia terjadi pada penderita diabetes.

Tapi Beauty harus hati-hati, itu karena kondisi tingginya kadar gula darah dalam tubuh bisa terjadi saat mudik juga, lho. Apalagi jika kamu tak kontrol konsumsi makanan dan minuman yang kamu konsumsi, sebut saja teh manis, kolak, atau hidangan manis khas bulan Ramadan lainnya.

Menurut Dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, Dip.TH, DCD yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital BSD, ternyata ada beberapa gejala yang akan ditimbulkan oleh kondisi hiperglikemia, seperti berikut ini:

  • Rasa haus atau lapar terus menerus
  • Pusing
  • Pandangan kabur
  • Sering buang air kecil

Oh iya Beauty, jika kamu terus membiarkan kondisi kadar gula tinggi dalam waktu lama, hati-hati karena hiperglikemia bisa meningkatkan risiko menderita diabetes. Sementara itu, jika hiperglikemia terjadi pada penderita diabetes, maka bisa tingkatkan risiko komplikasi akut, seperti diabetik.

Cara mencegah hiperglikemia saat mudik

Agar terhindar dari gejala mengganggu hiperglikemia, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya, yaitu:

1. Menghindari makanan dan minuman tinggi gula

Umumnya hidangan buka puasa atau lebaran identik dengan makanan manis. Oleh karena itu selama mudik hindari mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan. Terutama teh manis. Minuman ini sering menjadi minuman favorit selama bulan puasa dan lebaran sehingga tanpa sadar seseorang bisa mengonsumsi gula secara berlebihan. Sebagai alternatif, Anda bisa minum teh tawar.

2. Perbanyak konsumsi serat

Mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran hijau dan buah-buahan dapat membantu Anda terhindar dari hiperglikemia saat mudik. Makanan berserat memang tidak dapat mengurangi kadar gula darah secara langsung. Namun mengonsumsinya dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat dan lama sehingga terhindar dari keinginan untuk mengonsumsi makanan dan minuman manis

3. Banyak minum air putih

Mengonsumsi air putih dapat membantu mencegah tingginya kadar gula darah. Air bermanfaat membantu ginjal membuang semua kelebihan gula dalam darah lewat air seni.Selain itu, minum banyak air putih dapat mencegah Anda dari dehidrasi selama mudik.

4. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat memicu tingginya kadar gula darah. Saat mudik, hal ini sering terjadi. Oleh karena itu persiapkan waktu istirahat Anda saat mudik untuk mencegah kurang tidur.

5. Hindari stres

Macet dan kelelahan selama mudik dapat membuat seseorang stres. Hal ini dapat memicu tingginya kadar gula darah. Oleh karena itu, pastikan pikiran Anda serileks mungkin selama mudik agar terhindar dari hiperglikemia.

6. Cek gula darah

Anda bisa mampir ke apotek untuk mendapatkan layanan pemeriksaan kadar gula darah. Bila gula darah sedang tinggi, lakukan cara di atas untuk menurunkannya.

Artikel Pilihan