Menu

Ibu Rumah Tangga, tapi Ingin Wirausaha? Yuk, Intip 5 Usaha Sampingan Bermodal Minim Berikut!

09 Maret 2021 14:45 WIB

ilustrasi ibu dan anak (Pexels/Tatiana Syrikova)

HerStory, Tangerang —

Menjadi seorang ibu rumah tangga memang menjadi pilihan yang harus dipilih oleh sebagian wanita. Ingin fokus ke pada pertumbuhan anak menyebabkan wanita mempertaruhkan karirnya.

Namun, enggak ada yang melarang seorang ibu rumah tangga untuk bekerja, lho! Apalagi, zaman sekarang, sulit sekali untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga kalau hanya sang suami yang bekerja. 

Kalau kamu seorang ibu rumah tangga yang ingin mempunyai usaha sampingan, ada satu faktor penting yang kamu harus ketahui. Carilah usaha yang enggak menyita waktumu.

Waktu adalah uang, waktu seorang ibu rumah tangga yang tersita dengan mengurus si kecil tentunya akan menjadi cuan kalau kamu bisa mengaturnya dengan baik. 

Pekerjaan yang enggak menyita waktu memang enggak banyak, tetapi bukan berarti nihil, lho! Banyak sekali pekerjaan yang kamu enggak sadari bagus untuk dirimu yang ibu rumah tangga.

Mau tahu usaha apa saja yang bermodal minim dan cocok untuk ibu rumah tangga? Yuk, kita bahas saran usaha yang dilansir dari rekan sindikasi Herstory, Finansialku.com!

Blogger atau Social Media Influencer

Usaha ini merupakan salah satu usaha yang menunjukkan betapa bergunanya internet untuk membantu usaha kamu. Dengan menjadi seorang professional blogger atau social media influencer, kamu enggak perlu berangkat ke kantor di pagi hari dan pulang di malam hari.

Kamu hanya perlu konten yang menarik dan internet yang stabil. Voila! Kamu bisa meraup banyak keuntungan dari promosi berbayar atau adsense, nih!

Freelancer

Jika kamu memiliki keterampilan tertentu namun enggak memiliki waktu penuh untuk menyalurkannya, mungkin bekerja paruh waktu menjadi salah satu solusinya.

Banyak perusahaan yang lebih memilih untuk menggunakan jasa pekerja paruh waktu belakangan ini, karena lebih praktis dan biayanya lebih murah.

Konsultan

Salah satu kelebihan dari entrepreneur adalah kamu dapat membagi waktu bagi diri sendiri dan keluarga. Jika kamu berniat menjadi seorang konsultan, bukan berarti kamu harus bekerja di sebuah perusahaan dan mengikuti jam operasionalnya.

Kamu dapat menjadi seorang konsultan mandiri. Beberapa contohnya adalah menjadi konsultan pernikahan, konsultan keuangan, konsultan karier dan sebagainya.

Jasa Catering

Apakah kamu gemar memasak? Apakah seluruh keluarga menyukai masakan kamu? Mungkin kamu dapat mempertimbangkan jasa catering sebagai salah satu usaha sampingan di rumah.

Usaha ini enggak memerlukan modal besar dan dapat dilakukan sehari-hari di rumah. Jasa catering terlihat sederhana, namun keuntungannya cukup besar lho.

Kuncinya adalah dengan kemampuanmu memutar uang dan mengaturnya sebaik mungkin, nih! Pastikan usahamu enggak besar pasak daripada tiangnya.

Usaha Makanan Ringan

Bisnis makanan ringan adalah bisnis dengan modal kecil namun memiliki peluang masa depan yang cukup baik. Melihat makanan ringan semakin digemari masyarakat, dengan lingkup pasar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, maka usaha ini patut dipertimbangkan.

Selain itu, sangat banyak ide makanan ringan yang beredar saat ini, sehingga enggak sulit untuk mencari ide baru untuk menarik pelanggan.

Artikel Pilihan