Menu

Lupa Menghapus Make Up Ketika Tidur? Begini Cara Mengatasinya Setelah Bangun!

10 Maret 2021 10:10 WIB

Wanita sedang tertidur. (unsplash/bruce mars)

HerStory, Jakarta —

Beauty pasti hampir sebagian dari kamu pernah ketiduran dan lupa menghapus make-up ya? Hal ini gak baik lho bagi kulit. Agar kulit tetap sehat kamu bisa atasinya dengan tips ini ketika bangun tidur.

Padatnya aktivitas setiap harinya kadang membuatmu terlalu lelah hingga bisa ketiduran ketika sampai rumah tanpa menghapus make-up. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus akan menimbulkan masalah kulit, seperti jerawat dan lainnya.

Meskipun tanpa make-up kamu juga harus tetap membersihkan muka lho sebelum tidur. Hal ini dikarenakan adanya debu dan kotoran yang gak terlihat oleh mata dan menempel pada kulit kamu. Jika gak dibersihkan, pori-pori kamu akan membesar dan muncul masalah kulit lainnya.

Jika sudah timbul masalah kulit akan sulit untuk diatasi. Oleh karena itu menjaga kebersihan kulit dengan double cleansing sangat perlu demi kesehatan dan keremajaan kulit. Hal ini dikarenakan setiap wanita pasti ingin memiliki kulit yang sehat dan berkilau.

Menggunakan make-up ketika tidur memang hal yang disengaja. Maka dari itu, kamu perlu melakukan berbagai cara untuk menghapusnya di pagi hari agar menjaga kesehatan kulitmu.

Dilansir dari berbagai sumber (10/03/2021), berikut tips cara mengtasinya

Hapus Make-up

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah menghapusnya. Kamu bisa menggunakan micellar water, milk cleanser atau cleansing balm yang disesuaikan dengan tipe kulit kamu.

Kamu juga bisa menggunakan cleanser dari bahan alami seperti minya zaitun atau baby oil yang cocok dengan kulit kamu. Setelah muka benar-benar bersih kamu bisa lanjut ke tahapan selanjutnya yaitu bersihkan dengan sabun muka agar sisa-sisa make-up dan kotoran terangkat.

Eksfolisasi Ringan

Agar sisa-sisa make-up dan kotoran terangkat kamu bisa mulai untuk eksfolisasi ringan. Kamu bisa menggunakan scrub atau chemical eksfolisasi seperti toner yang mengandung AHA/BHA.

Jika kamu menggunakan scrub, gosokanlah secara halus pada kulit wajahmu. Menggosokan scrub dengan cara yang kasar dan terburu-buru bisa merusak kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering serta mengelupas.

Gunakan Toner

Toner membantu mengangkat sisa-sisa kotoran yang masih ada di wajah kamu. Selain itu, toner juga berfungsi untuk menyegarkan kulit wajah.

Toner menjadi salah satu base skincare yang penting bagi kulit karena memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat toner yaitu untuk mengecilkan pori-pori dan membuka jalan untuk produk skincare setelahnya menyerap ke dalam kulit.

Gunakan Masker

Kamu bisa mengunnakan masker untuk menenangkan kulit kamu setelah seharian tertimpa make-up dan kotoran. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis masker yang sesuai dengan tipe kulit kamu seperti masker organik, sheet mask, clay mask, dan lainnya. Masker wajah berufungsi untuk menyehatkan kulit dan membuat kulit tetap segar.

Pijat

Hal terakhir yang kamu lakukan agar kulit kamu mendapatkan relaksi yang maksimal dengan memijatnya. Membuat pijatan pada kulit wajah dapat membuat darah tetap mengalir. Kamu bisa memijatnya dengan mengoleskan minyak dan menggerakan jari dengan lembut selama 5 – 8 menit.

Walaupun cara ini bisa membantu meminimalisir masalah kulit yang timbul akibat menggunakan make-up yang terlalu lama. Tetapi mencegah munculnya masalah kulit lebih baik daripada mengobatinya. Jadi kamu harus selalu membersihkan kulit wajah sebelum tertidur ya Beauty!