Menu

Ini Dia Tanaman Pengusir Nyamuk, Tanam Yuk Moms!

10 Maret 2021 14:30 WIB

Nyamuk sedang menghisap darah di kulit manusia. (Pixabay/mika mamy)

HerStory, Jakarta —

Musim hujan, identik dengan banyak nyamuk sehingga bisa menimbulkan penyakit seperti DBD dan lainnya. Moms bisa mensiasatinya dengan menanam beberapa jenis tanaman hias yang gak disukai nyamuk.

Nyamuk merupkan serangga yang sering menganggu manusia. Nyamuk akan menempel pada kulit manusia selanjutnya akan menghisap darah. Nah dari sini akan muncul bentol hingga kemerahan dan rasa gatal.

Banyak juga gigitan nyamuk yang mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya. Adapun penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk yaitu demam berdarah dan malaria.

Cara mengatasi nyamuk biasanya menggunakan obat nyamuk bakar, eletrik, atau disemprot. Selain itu, penggunaan lotion dan minyak kayu putih atau minya telon bisa melindungi kulit kamu dari gigitan nyamuk.

Gak hanya iyu, Moms juga bisa mengusir nyamuk secara alami dengan tanaman hias lho. Tanaman hias yang memiliki wangi yang khas dapat menjauhkan nyamuk.

Dilansir dari berbagai sumber (10/03/2021), berikut jenis taman hias pengusir nyamuk.

Serai

Tamanan serai atau yang dikenal dengan daun sereh memang dipercaya sebagai salah satu obat herbal. Selain itu, tanaman ini memiliki wangi yang khas untuk mengharumkan makanan. Nah wangi inilah yang gak disukai oleh nyamuk.

Selain itu, serai juga memiliki kandungan sitronela yang gak disukai nyamuk. Moms bisa menanam sereh di pekarangan rumah dengan media tanam pot.

Lavender

Moms jangan heran kalau banyak lotion anti nyamuk berbahan dasar lavender. Tanaman ini memang dipercaya sebagai pengusir nyamuk. Wanginya yang segar dapat menenangkan pikiran. Maka dari itu lavender juga dijadikan sebagai pengharum ruangan.

Berbeda dengan manusia, justru nyamuk gak suka dengan wangi lavender. Hal inilah yang membuat lavender bisa dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah atau jendela sebagai pengusir nyamuk sekaligus dijadikan tanaman hias.

Geranium

Geranium merupakan salah satu jenis spesies tumbuhan abadi atau semak dalam keluarga Geraniaceae. Geranium memiliki wangi seperti lemon dan serai sehingga sering dijadikan bahan dasar minyak, sabun, dan salep.

Nah aroma inilah yang gak disukai nyamuk. Selain itu, geranium dapat dijadikan tanaman hias karena memiliki berbagai warna yang indah yaitu putih, merah muda, merah, dan ungu sehingga dapat mempercantik pekarangan rumah.

Papepermint

Taman ini memiliki aroma seperti wangi kimia yang menyengat sehingga gak disukai oleh nyamuk. Selain itu, tanaman ini juga bisa diolah menjadi minyak yang dapat membunuh larva nyamuk dalam waktu 24 jam.

Nah, Moms jadi sudah tahu kan mau menanam apa di pekarangan rumah? Tanamlah tanaman hias yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, terutama yang bisa mengusir nyamuk

Share Artikel:

Oleh: Rifani Indrianti