anak sekolah (pinterest/edited by herstory)
Dalam upaya untuk memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan sosial dan pendidikan di Indonesia, Permata Bank meluncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diberi nama PermataHati. Program ini merupakan wujud nyata dari komitmen jangka panjang bank tersebut untuk meningkatkan kualitas hidup dan pendidikan anak-anak di seluruh Indonesia.
Dengan berfokus pada pemberdayaan komunitas dan akses pendidikan yang lebih baik, PermataHati bertujuan untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan, menjangkau anak-anak dari berbagai latar belakang dan daerah terpencil. Melalui berbagai inisiatif, termasuk bantuan pendidikan, pelatihan keterampilan, dan dukungan infrastruktur, PermataHati bertekad untuk menjadi wadah perubahan yang memperbaiki masa depan anak-anak Indonesia dan memberikan kesempatan yang lebih baik untuk meraih impian mereka.
Program PermataHati tersebut melibatkan para PermataBanker, yaitu para karyawan PermataBank yang menjadi relawan atau Employee Volunteer (EVO), hingga masyarakat umum.
Fyi nih Beauty, ternyata sebelum menjadi PermataHati di tahun 2010, program CSR dari PermataBank ini memiliki nama 'PermataBank Peduli'. Perubahan tersebut mencakup tentang pergantian logo, framework, hingga slogan yang nantinya jadi landasan seluruh kegiatan CSR PermataBank.
Program PermataHati ini saat ini fokus pada Pendidikan melalui pendidikan Literasi Keuangan (financial literacy) dan Kewirausahaan (entrepreneurship). Tapi di tahun 2018 lalu, ternyata PermataHati pun mulai fokus untuk berdayakan komunitas penyandang disabilitas melalui program pembinaan maupun pendidikan.
Oh iya Beauty, PermataHati ini memiliki tujuan untuk menciptakan keharmonisan antara PermataBankers dan masyarakat sekitar demi mewujudkan masa depan yang lebih baik untuk anak-anak Indonesia. Sementara arti dari slogan "Senyummu untuk Masa Depan", ternyata mengartikan setiap bantuan yang diberikan oleh PermataHati akan menjadi senyum anak anak Indonesia untuk masa depannya yang cerah.
Perlu diketahui bersama, ternyata semua program CSR dari PermataBank itu disesuaikan dengan tujuan PermataHati, yaitu "memberikan kualitas kehidupan yang lebih baik bagi anak bangsa".
Tak asal buat program, PermataHati dibuat berdasarkan tiga pilar utama Education - Enhancement - Empowerment yang diturunkan ke dalam 3 kategori program yaitu: Human Development (Basic Financial Literacy, Basic Banking Knowledge, Education Modules), Facility Enhancement (Academic Facilitie General, Facilites) dan Community Outreach. Setiap kategori mempunyai beberapa bentuk kegiatan yang dapat dipilih dan dijalankan oleh PermataBankers.
Program CSR, PermataHati dari PermataBank memiliki beberapa program unggulan yang memiliki tujuan untuk mencerdaskan anak bangsa. Seperti dikutip dari website resmi PermataBank, berikut Herstory rangkumkan beberapa program unggulannya.
Ini merupakan program pendidikan literasi keuangan untuk anak-anak berprestasi di tingkat Sekolah Dasar. Bentuk programnya, mulai dari pengajaran kreatif seputar keuangan dan fungsi dasar perbankan. Tujuan adanya kegiatan Permata Bankir Cilik ini agar bisa menyadarkan anak-anak tentang pentingnya menabung dan pengelolaan keuangan hingga akhirnya bisa jadi Duta Menabung.
Program ini memberikan pendidikan literasi keuangan dan kewirausahaan untuk para siswa SMK, khususnya Rekayasa Perangkat Lunak. Program ini memiliki tujuan agar para siswa bisa menghasilkan aplikasi yang bisa bermanfaat dan tingkatkan business skill.
Dikhususkan untuk para penyandang disabilitas PermataBank memberikan pembinaan mental, pendidikan literasi keuangan, dan modul kewirausahaan lewat program Permata Brave.
Untuk menjalankan program ini, PermataBank bekerja sama dengan Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas (BBRVPD) dibawah naungan Kemensos untuk menyalurkan bantuan dalam bentuk program pendidikan berkelanjutan yang dapat membekali mereka di pasar kerja terbuka.
Program ini bisa dibilang jadi program CSR pertama yang dilakukan oleh sebuah Bank karena melibatkan 1000 karyawan dan dilakukan di 50 kota.
Usut punya usut, dari semua program PermataHati melibatkan seluruh PermataBankers untuk menjalankan setiap programnya.
Setelah para PermataBankers melakukan kegiatan PermataHati, maka akan mendapatkan poin senyum. Untuk setiap 15 poin yang berhasil dikumpulkan PermataBankers dalam setahun, PermataBank akan memberikan satu beasiswa untuk satu tahun ajaran kepada anak-anak bangsa yang membutuhkan.
Di tahun 2018 saja, PermataHati telah memberikan manfaat bagi sekitar 16,000 penerima manfaat, memberikan 513 beasiswa, mengadakan 147 kegiatan CSR, mengumpulkan 7,696 Poin Senyum dan melibatkan 2,727 EVO yang seluruhnya mencakup 73% wilayah di Indonesia.