Menu

Ini Manfaat Berkuda Bagi Anak, Mulai dari Kebugaran Hingga Ketangkasan Otak!

18 Maret 2021 12:55 WIB

Ilustrasi anak pemalu (ADDitude/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Olahra berkuda kembali menjadi tren di kalangan masyarakat. Olahraga gak hanya membuat tubuh menjadi bugar tetapi juga baik dlam ketangkasan otak anak.

Berkuda bukan sekadar olahraga yang mengisi waktu luang. Olahraga berkuda juga sangat menyenangkan dan memiliki pengalaman sendiri. Selain itu, memiliki banyak manfaat bagi anak.

Para peneliti dari Tokyo University of Agliculture menemukan bahwa menunggang kuda dengan duduk di pelana dapat mengaktifkan bagian otak yang berkaitan dengan kemampuan belajar dan memori.

Dilansir dari berbagai sumber (18/03/2021), berikut segudang manfaat berkuda bagi anak.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Public Health mengemukan bahwa berkuda dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak. olahraga berkuda dinilai dapat membuat anak lebih mudah menerima informasi ketika belajar.

Kesehatan dan Kebugaran

Olaharaga berkuda membawa dampak baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Menurut Megan Hawkins dari British Horse Society (BHS), berkuda adalah cara terbaik untuk membuat anak-anak aktif di luar dan bisa menghirup udara segar.

Belajar Disiplin dan Bertanggung Jawab

Menunggang kuda mengajarkan anak memiliki rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi terhadapa kuda yang ditunggang nya. Pasalnya, ketika anak memelihara kuda, anak bisa dituntut untuk bertanggung jawab memastikan kudanya bersih dan sehat.

Percaya Diri

Menunggang kuda dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Hal ini dikarenakan, anak yang olahraga berkuda akan belajar merawat dan menunggang kuda sehingga kepercayaan dirinya akan terbentuk.

Banyak Teman

Olahraga berkuda membawa anak ke lingkungan baru sehingga membantunya untuk berteman dan lebih mengenal banyak orang. menunggang kuda bermanfaat terhadap kehidupan sosial anak. Hal ini karena anak bertemu dengan teman-teman baru yang sama-sama sedang belajar berkuda.

“Pertemanan diperoleh dalam disiplin dapat awet dalam jangka panjang dan itu dapat bermanfaat bagi anak karena memiliki teman yang berbeda selain teman sekolah mereka,” ujar Natalie Reynolds salah satu atlet berkuda.

Wah seru ya Moms mengajak anak berkuda. Selain ,membuat suasana hati anak menjadi senang, ternyata berkuda memiliki segudang manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Share Artikel:

Oleh: Rifani Indrianti