Menu

Duh, Tidur Gak Nyenyak? Ini Dia Makanan yang Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur!

19 Maret 2021 18:10 WIB

Wanita sedang tertidur. (unsplash/bruce mars)

HerStory, Jakarta —

Seiring bertumbuhnya usia memiliki kualitas tidur yang baik adalah suatu anugrah. Pasalnya banyaknya kegiatan dapat menganggu kualitas tidurmu. Oleh karena itu kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan berikut. 

Kualitas tidur yang baik sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik dapat memperlancar peredaran darah, mencegah timbulnya berbagai macam penyakit dan memiliki efek samping yang baik bagi kesehata.

Jumlah jam tidur yang disarankan setiap malam berikisar 6 – 8 jam dalam semalam. Tidur yang cukup sangat diperlukan untuk fungsi tubuh dan otak yang bekerja sempurna. 

Ketika tidur kamu cukup dan berkualitas di malam hari, maka ketika bagun di pagi hari kamu akan merasa lebih bahagia dan bertenanga sepanjang hari. Oleh karena itu, kamu perlu menerapkan gaya hidup sehat. 

Kualitas tidur yang baik dipengaharui oleh makanan. Maka sebab itu, kamu bisa mulai mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur kamu. 

Dilansir dari berbagai sumber (18/03/2021), berikut makanan yang dapat meningkatkan kualitas tidur. 

Almond 

Kacang yang satu ini memang baik bagi kesehatan. Biasanya kacang almond digunakan sebagai topping pada makanan manis atau bahan dasar makanan hidangan penutup. Makanan ini kaya akan magnesium yang dapat meningkatkan kualitas tidur serta mencegah munculnya stres. 

Almond kaya akan nutrisi dan serat. Almond juga bisa membantu seseorang mendapat kualitas tidur yang lebih baik dan membatasi hormon melatonin. 

Teh Chamomile 

Salah satu jenis teh ini dapat memberikan efek ketenangan bagi orang yang meminumnya. Wanginya yang khas juga dapat menyegarkan pikiran dan membuat kamu merasa lebih bahagia. 

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa teh chamomile memiliki antioksidan khusus yang bisa mempengaharui otak. Hal ini dapat membuat kualitas tidur membaik. 

Kiwi 

Buah kiwi memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga berguna menjaga kesehatan pencernaan. Penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi kiwi pada jam tidur dapat membuat seseorang mudah tertidur dan meningkatkan kualitas tidur. 

Kualitas tidur yang baik memang memberikan efek samping yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Tidur yang cukup di malam hari bisa membuat kamu lebih semangat menjalankan aktivitas.