Menu

Kisah Viva Cosmetics, Brand Kosmetik Pertama dengan Label Made in Indonesia

27 Desember 2024 22:40 WIB

Rangkaian produk dari Viva Cosmetics (Instagram/viva.cosmetics)

HerStory, Jakarta —

Siapa yang tak kenal dengan brand kosmetik Viva Cosmetics? Brand kosmetik legendaris ini masih eksis di tengah gempuran beragam macam brand makeup lain. Hingga kini, Viva Cosmetics memiliki lebih dari 500 jenis produk kosmetik dan meluncurkan 5-10 produk baru setiap tahunnya. Bagaimana perjalanan jatuh bangun Viva hingga menjadi sebesar sekarang? Mari kita simak kisahnya berikut ini.

Dimulai dari 5 Sekawan

Mulanya, PT General Indonesian Producing Centre didirikan oleh Haji Muhammad Hoesin Ahamid, Nehemia Pesik, Drs. Wim Kalona Apt, Drs. Estefanus Looho Apt, dan Drs. Gouw Soen Hok Apt. Di tahun 1962, Dr. Tio Tiong Hoo mengembangkan perusahaan dengan membuat kosmetik. Langkah ini menjadi awal dari perjalanan panjang Viva Cosmetics.

Berganti Nama

Pada tahun 1964, perusahaan berganti nama menjadi PT Paberik Pharmasi Vita karena produk utamanya adalah obat-obatan. Seiring berjalannya waktu dan perubahan fokus bisnis, pada tahun 1998 perusahaan ini kembali berganti nama menjadi PT Vitapharm dan berfokus pada produk kosmetik hingga saat ini.

Label Made in Indonesia

Pada tahun 1970, Viva Cosmetics mulai menggunakan label "Made in Indonesia". Dengan membawa nilai produk yang cocok untuk daerah tropis, Viva Cosmetics menekankan rasa cinta terhadap produk dalam negeri dan memastikan produk mereka sesuai dengan kebutuhan wanita Indonesia. Langkah ini memperkuat identitas mereka sebagai brand lokal yang berkualitas.

Produk Andalan

Salah satu produk andalan Viva Cosmetics adalah VIVA Milk Cleanser. Produk ini pernah diikutsertakan dalam seleksi "Monde Selection, Institut pour les Selections de la Qualite" di Brussel, Belgia, dan berhasil meraih Gold Medal With Palm Leaves. Hingga kini, produk tersebut masih menjadi pilihan berbagai golongan dan usia wanita Indonesia.

Selalu Tingkatkan Kualitas

PT Vitapharm selalu memperhatikan kualitas setiap produknya. Hal ini dibuktikan dengan sertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik) yang diperoleh untuk produk cream, lipstick, hingga viscous liquid pada tahun 2008. Komitmen untuk selalu meningkatkan kualitas membuat Viva Cosmetics tetap dipercaya oleh konsumennya.

Gunakan Teknologi Ramah Lingkungan

Kini, seluruh pabrik PT Vitapharm sudah menggunakan mesin teknologi canggih yang ramah lingkungan. Tak hanya itu, perusahaan ini juga memberdayakan masyarakat sekitar untuk ambil bagian menjadi sumber daya manusia. Inisiatif ini menunjukkan kepedulian PT Vitapharm terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

Tetap Eksis Hingga Kini

PT Vitapharm juga memanfaatkan platform online seperti media sosial dan website. Perusahaan ini sering bekerjasama dengan MUA, beauty blogger, hingga influencer dengan mengadakan beauty class atau kelas pelatihan dengan topik menarik. Langkah ini membantu Viva Cosmetics tetap relevan dan dikenal luas di tengah persaingan pasar kosmetik.

Kisah sukses Viva Cosmetics adalah bukti nyata bahwa dengan dedikasi, inovasi, dan komitmen terhadap kualitas, sebuah brand lokal bisa bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang ketat. Viva Cosmetics terus menjadi pilihan banyak wanita Indonesia, membuktikan bahwa mereka adalah brand kosmetik pertama dengan label Made in Indonesia yang layak dibanggakan.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan