Menu

Kisah Sukses 3 Srikandi Tulola Dirikan Bisnis Perhiasan dan Berdayakan Perempuan, Berhasil Eksis di Paris!

17 Januari 2025 19:00 WIB

Srikandi dibalik brand Tulola (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu tahu gak sih brand perhiasan Tulola Jewelry yang didirikan di tahun 2007 dimiliki oleh 3 sosok wanita inspiratif lho yakni Sri Luce Rusna, Happy Salma, dan Franka Franklin.

Awalnya, bisnis ini didirikan oleh Sri yang kini menjabat sebagai Founder dan Creative Director saat anak pertamanya baru lahir.

Diketahui bahwa nama Tulola sendiri memiliki filosofi yakni 'Tu' yang berasal dari kata 'Putu' yang merupakan sebutan anak pertama dalam bahasa Bali, sedangkan 'Lola' untuk mengesankan peran wanita yang kuat.

Sejak awal Tulola didirikan, Sri mengurus semuanya sendiri hingga pada akhirnya ia dipertemukan dengan Happy Salma yang tengah menulis buku tentang ibunda Sri selaku maestro di bidang perhiasan.

Karena merasa cocok, akhirnya Sri memutuskan untuk bekerja sama dengan sang aktris untuk membangun Tulola hingga akhirnya berhasil melakukan ekspansi.

Setelah itu, hadirlah istri Nadiem Makarim yakni Franka Franklin yang ikut bergabung dengan keahliannya mengurus bisnis dan teknis dari brand Tulola sehingga brand tersebut semakin bertumbuh pesat.

Hingga kini, bisnis perhiasan ini digeluti karena pendiri Tulola memiliki visi untuk membangun bisnis yang berkelanjutan sekaligus bisa mengembangkan kerajinan perak dan emas yang terinspirasi dari budaya, seni, dan sastra Indonesia.

Pada awal merintis, Tulola juga gak langsung menjadi brand yang dikenal oleh masyarakat lho. Diketahui Sri bersama dengan pengrajin lokal menciptakan perhiasan handmade dari hanya sebuah garasi.

Tulola bahkan eksis untuk ikut pameran di kota-kota besar seperti New York, Tokyo, dan Paris untuk memperkenalkan budaya Indonesia secara luas hingga bisa mendunia.

Gak cuma menciptakan koleksi yang cantik untuk dipakai para wanita, diketahui sebanyak 90 persen pengrajin perhiasan Tulola adalah wanita. Hal ini membuktikan kuatnya komitmen pemberdayaan yang tercipta pada bisnis ini. Selain menghasilkan barang dengan kualitas yang ciamik, Tulola bahkan bisa mampu bersaing dengan pasar global sambil mendukung karier para ibu pekerja dan para pengrajin.

Usaha tak menghianati hasil dan pohon akhirnya berbuah manis, Tulola kini bisa eksis di dunia fesyen hingga dipakai oleh banyak selebriti seperti Dian Sastrowardoyo, Nadya Hutagalung, bahkan Putri Marino. 

Karena memiliki reputasi yang kuat dan menciptakan perhiasan mewah berdasarkan nilai budaya yang tinggi, salah satu koleksi Tulola yakni Kirana Drop Earrings with Citrine Gold Drip dibanderol hingga Rp20 juta lho!

Top Stories

Artikel Pilihan