Ijfina Amalia, seorang ibu rumah tangga yang juga konten kreator (istimewa)
Di zaman yang serba canggih ini, memang banyak sekali cara yang bisa ditempuh untuk mencari pundi-pundi rupiah. Namun, tentu saja tetap gak semuda itu. seperti yang diketahui, profesi yang kini banyak digemari adalah menjadi konten kreator di sosial media. Bakat tertentu wajib dimiliki oleh seseorang dalam bidang tersebut salah satunya adalah kreativitas dan kerja keras.
Berikut adalah kisah Ijfina Amalia, seorang ibu rumah tangga berusia 32 tahun yang sukses menjalani profesi sebagai konten kreator di YouTube dan membangun sumber cuannya sendiri. Penasaran gak? Simak yuk!
Perjalanan Ijfina dimulai sejak tujuh tahun lalu dengan niat yang sederhana, yaitu berbagi kecintaannya dengan makeup. Melalui konten makeup tutorialnya, Ijfina berbagi informasi mengenai produk-produk yang terjangkau, mudah didapatkan, dengan langkah-langkah yang mudah diikuti oleh pemula.
Berkat kegigihannya dalam menyuguhkan konten makeup yang bermanfaat bagi banyak orang, kini Ijfina telah berhasil mengembangkan channel YouTube-nya hingga memiliki 1,3 juta subscribers.
Tak berhenti di situ, Ijfina terus berusaha memaksimalkan potensinya, mulai dari memastikan kualitas videonya terus meningkat, hingga memanfaatkan sejumlah peluang baru seperti YouTube Shopping Affiliates, program YouTube yang berkolaborasi dengan Shopee.
Melalui program ini, tak hanya berhasil mendapatkan penghasilan tambahan Ijfina juga bisa membantu penonton berbelanja produk yang ia rekomendasikan di keranjang video YouTube-nya dengan lebih mudah karena penontonnya secara otomatis akan diarahkan langsung ke aplikasi Shopee.
Melihat usahanya kini berbuah manis, Ijfina Amalia tentu tak menyangka hal tersebut akan terjadi. Ia merasa sangat senang bisa menjadi inspirasi banyak orang karena kegigihannya itu.
"Tanpa disangka, YouTube benar-benar membuka peluang besar untuk aku menyalurkan kreativitas dan menginspirasi banyak orang. Rasanya sangat menyenangkan bisa membantu orang lain merasa percaya diri sambil melakukan hal yang aku suka, bahkan hingga bisa menjadi sumber penghasilan utama bagiku dan keluarga. Makanya, ketika program YouTube Shopping Affiliates hadir, aku menyadari program ini memiliki potensi besar dan hal ini buatku semakin semangat membuat konten. Ternyata benar saja, sejak bergabung dan aktif menautkan produk Shopee di setiap video yang aku upload, kini pendapatanku berhasil meningkat 2 kali lipat," ujarnya dilansir dari siaran tertulis yang diterima tim HerStory pada Rabu (29/1/2025).
Gak cuma konten yang kreatif dan inspiratif, dedikasi Ijfina untuk terus berkembang juga terlihat dari berbagai aspek, Ijfina juga turut membentuk sebuah komunitas bersama para subscribers-nya yang loyal dan telah percaya terhadap ulasan produknya.
Selain konsep konten yang menyenangkan dan menarik, Ijfina juga senantiasa meningkatkan kualitas kontennya dengan berbagai cara, mulai dari membangun studio sendiri, upgrade kamera dan lighting, hingga terus mengasah kemampuan serta pengetahuannya mengenai dunia kecantikan.
Untuk menginspirasi konten kreator lainnya, Ijfina pun berbagi langkah-langkah penting yang selalu ia terapkan dalam proses menciptakan konten:
Ijfina selalu memulai prosesnya dengan riset tren terkini di media sosial khususnya YouTube, hingga platform e-commerce seperti Shopee. Dengan memahami tren, ia dapat menghasilkan ide-ide konten yang relevan dan berpotensi menarik perhatian audiens. Jangan lupa tambahkan sentuhan personal, seperti greeting di awal video yang khas agar konten lebih otentik dan berbeda dari yang lainnya.
Menurut Ijfina, konten yang terlalu panjang terkadang berisiko kehilangan perhatian penonton. Oleh karena itu, ia selalu memastikan videonya langsung ke inti, memberikan informasi penting dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Siapkan script video untuk menjaga struktur cerita dan masukkan elemen visual atau musik untuk menambah daya tarik.
Ijfina percaya bahwa variasi konten adalah kunci. Ia tak hanya fokus pada satu jenis konten, tetapi juga mencoba menghadirkan berbagai jenis konten, seperti tutorial, vlog, review produk, hingga mix and match pakaian.
Siapa bilang Shopee hanya bisa digunakan untuk berbelanja? Untuk memastikan kontennya relevan, Ijfina rajin mengecek produk yang sedang populer atau trending di Shopee, karena artinya produk tersebut sedang banyak peminatnya. Setelah check out produk di Shopee, biasanya Ijfina akan menggunakan produk itu beberapa kali, dan jika memang bagus, ia akan merekomendasikan produk tersebut kepada para penontonnya.
Itulah beberapa tips yang diberikan Ijfina sebagai konten kreator yang bisa kamu ikuti. Untuk menjadi konten kreator, Ijfina menilai sifat cerdas dan luwes dalam beradaptasi wajib dimiliki.
"Sebagai konten kreator, kita harus selalu cerdas dalam beradaptasi, karena dunia digital bergerak sangat cepat. Jangan sampai tertinggal! Makanya, kalau ada peluang baru seperti YouTube Shopping Affiliates, kita harus langsung maksimalkan sebaik-baiknya,” tutup Ijfina.