Menu

Duh, Punya Teman yang Drama dan Playing Victim? Ini Dia Cara Bijak Atasinya!

21 Maret 2021 17:30 WIB

Friendship (Unsplash/Helena Lopes)

HerStory, Jakarta —

Duh! Beauty kamu terjebak dengan teman yang drama dan playing victim? Gak usah pusing! Begini cara mengatasinya.

Masih banyak orang di sekeliling yang jalan hiduonya drama. Hal ini membuat masalah yang sederhana jadi besar dan sulit untuk diselesaikan. Belum lagi kalau punya sifat playing victim, duh sebaiknya kamu jauhin deh.

Palying vicyim adalah prilaku yang sering menunjukan kesalahan pada pihak lain. Padahal bisa jadi masalah itu berasal dari orang itu sendiri. Biasanya dia selalu menganggap dirinya sebagai korban dan selalu menyalahkan orang lain.

Gak heran jika orang yang mempunyai sifat drama dan playing victim sering merugikan orang lain. Bahkan terkesan gak memiliki teman. Jika kamu masih mau berteman baik dan memilih untuk memberi tahu dia mengenai hal yang benar, dia perlu bersyukur memiliki teman sepertimu.

Terbentuknya karekter drama dan playing victim bisa disebabkan oleh bebrapa hal, baik faktor internal maupun eksternal. Faktor internal biasanya dari dirinya sendiri atau keluarganya, sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungannya. Agar bisa dikendalikan dengan baik, kamu perlu mengatasinya dengan sikap yang bijak.

Dilansir dari berbagai sumber (21/03/2021). Berikut cara bijak dalam mengatasi teman yang drama dan playing victim

Beri Tahu Bahwa Sikapnya Menganggu Orang Lain

Jika kamu dan dia sudah berteman akrab, jangan sungkan untuk memeri tahunya mengenai sifat buruknya yang merugikan orang lain. Hal ini juga bisa membantu dia untu memperbaiki sifatnya. Beritahu juga kalau sikapnya bisa menganggu bahkanmerugikan orang lain.

Jangan langsung kasih tahu kalau dia drama dan palying victim ya. Orang dengan karekter tersebut selalu mengelak dan gak akan terus menyalahkan orang lain atas tindakan yang dilakukannya. Oleh karena itu, kamu harus memberi tahunya langsung kalau sifatnya merugikan orang lain.

Berikan Solusi yang Positif

Biasanya orang yang memiliki sifat drama dan palying victim memiliki gangguan emosional. Selain itu, mereka berpotensi untu menganggu orang lain karena gak bisa mengontrol emosi dengan baik. Mereka selalu merasa gak berdaya dan percaya bahwa orang lain adalah biang kerok dari masalahnya.

Oleh karena itu, kamu gak perlu pusing untuk menanggapi maslaahnya. Kamu bisa memebrikan solusi yang baik dan membuat emosinya teralihkan, seperti mengajaknya bermain atau berolahraga.

Hindari Mengikuti Dramanya

Jika kedua hal diatas gak memapan dalam menghadapi masalahnya. Kamu hanya perlu menghindarinya sementara waktu hingga masalah itu selesai. Jangan sampai berada di dekatnya justru membuat dirimu semakin kesal dan terbawa emosi. Hal ini gak baik bagi kesehatan mental kamu.

Selain itu, kamu gak perlu mengikuti dramanya. Kamu cukup meresponnya secara data dan terkesan gak antusias. Dengan begitu, dia akan mengerti bahwa hal ini memang salah.

Menghadapi orang yang memiliki karekter butuk memang gak mudah. Tetapi semua bisa dihadapi dengan bijak.