Menu

Ini 4 Alasan Suami Menolak Ajakan Bercinta, Perhatikan Ya Moms!

23 Maret 2021 19:30 WIB

Ilustrasi pasangan suami istri sedang bertengkar di atas tempat tidur. (Pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Enggak ada yang lebih membuat frustrasi bahkan lebih menyakitkan daripada saat melihat suami kehilangan minat pada seks. Ketika suami menolak untuk bercinta, pikiran para istri pasti langsung menuju ke isu perselingkuhan. Dalam hati istri merasa tak menarik lagi hingga masalah apa yang membuat suami enggan bercinta.

Namun, keintiman seksual dapat berubah terutama hubungan jangka panjang seperti pernikahan. Hal yang penting adalah mencari solusi dari masalah yang dialami. Jangan berburuk sangka dahulu, berikut adalah kemungkinan jadi alasan suami kehilangan minat pada seks

1. Ada Hal Lain yang Diprioritaskan

Hidup bisa menjadi sangat sibuk, dan akibatnya minat pada seks pun menurun. Terutama jika sudah memiliki anak, mungkin seks sudah tak lagi jadi prioritas ketika pulang kerja.

"Ketika suami telah bekerja sepanjang hari dan pulang ke rumah pada waktu malam, biasanya ia akan merasa lelah. Ia pun mencoba menghilangkan penat dengan duduk dan menonton TV atau tidur. Tak ada pikiran untuk berhubungan seks. Terkadang, tidur lebih disukai daripada bercinta,” kata terapis pasangan yang berbasis di New York, Cynthia Pizzulli, PhD dilansir dari Prevention (23/3/2021).

Selain itu, setelah memutuskan untuk menikah dan seks tak lagi menjadi hal baru, biasanya pria mengalihkan fokus dan prioritas mereka ke hal-hal lain.

"Begitu pria mendapatkan wanita yang diidam-idamkan, sekarang saatnya fokus kepada anak dan mencari uang. Jadi mungkin berhubungan seks sudah tak lagi jadi prioritas, tetapi fokus utamanya sekarang adalah bekerja. Dan bagi banyak pria, pekerjaan menjadi pusat siklus hidup mereka saat mereka berusaha menghidupi keluarga," beber Pizzulli.

2. Sedang Sakit

Sama seperti wanita, seiring bertambahnya usia, pria juga berisiko mengalami masalah kesehatan tertentu. Salah satunya adalah masalah disfungsi ereksi (DE) dan kanker prostat. Kedua penyakit ini dapat berdampak serius pada kehidupan seks dalam pernikahan.

"DE menyebabkan beberapa pria menghindari seks sama sekali," kata Alyssa Dweck, MD, seorang ginekolog yang berbasis di New York.

Sementara itu, kanker prostat membutuhkan pembedahan di mana kondisi itu dapat mengakibatkan pergeseran definisi seks pria.

Jadi, saat pasangan mendapat diagnosis yang dapat memengaruhi kehidupan seks dalam pernikahan, hal pertama yang perlu kamu lakukan sebagai istri adalah membantu memastikan suami mendapatkan perhatian medis yang dibutuhkan dan memberikan dukungan.

3. Sedang Stres

Salah satu penyebab utama suami enggan bercinta dengan istri karena sedang stres. Bukan hanya masalah pernikahan, banyak faktor yang bisa membuat suami menjadi stres.

Dalam hal ini, satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah menghadapinya secara langsung. Jika stres berkepanjangan, jangan ragu untuk meminta pertolongan ahli demi keharmonisan rumah tangga.

4. Kurang Nyaman Memulai Seks

Percaya atau enggak, beberapa pria memang tak begitu 'ahli' masalah seksual. Ada beberapa pria yang merasa tak lagi nyaman mengajak istri untuk bercinta terlebih dahulu. Mungkin saja hal ini disebabkan penolakan oleh istri beberapa waktu lalu.

Jika suami tampak kehilangan minat untuk memulai seks, bisa jadi dia merasa tak nyaman mengawalinya. Jika ini masalahnya, tanggung jawab di sini jatuh pada istri untuk mengambil alih. Jangan sungkan untuk mengajak suami bercinta terlebih dahulu.