Menu

Dear Working Moms, Ingin Kariermu Cerah? Kuasai 5 Skill Ini

24 Maret 2021 11:00 WIB

Ilustrasi ibu bekerja (wforwoman.com/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Dunia kerja adalah dunia yang penuh persaingan untuk terus menjadi lebih baik. Untuk itu, kamu nggak dianjurkan untuk menjadi biasa-biasa saja dan selalu dituntut untuk lebih baik.

Apalagi kalau kamu adalah seorang ibu pekerja atau working moms. Ibu pekerja dituntut untuk bisa menjalankan tugas di kantor dan di rumah dengan baik.

Hanya orang yang memiliki kemampuan dan nilai lebih yang akan bertahan dan diperhitungkan. Mengutip dari berbagai sumber, (24/03/2021) berikut lima hal yang perlu Moms kuasai untuk menunjang karier yang lebih cerah.

Cakap berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi, baik verbal mau pun nonverbal sangatlah penting dan dibutuhkan oleh perusahaan. Berkomunikasi dengan baik berarti mampu mengutarakan ide dan pikiran dengan kata-kata, intonasi, serta bahasa tubuh yang tepat.

Kalau sudah menguasainya, maka perusahaan akan memberikan penilaian lebih padamu karena dianggap mampu membantu perusahaan dalam memperluas networking dan mempertahankan kerjasama dengan klien. Dengan demikian, tentunya posisi di perusahaan akan diperhitungkan juga dipertahankan.

Mampu pecahkan masalah

Kemampuan untuk memecahkan masalah sangatlah penting dalam dunia kerja. Berbagai rumit dan pelik pastinya akan menemani perjalanan karirmu.

Dalam setiap masalah atau pun kasus yang dihadapkan, cobalah untuk selalu berkontribusi memecahkannya. Dalam menemukan solusi, jeli lah melihat akar permasalahan, kreatif mencari solusi, dan jadilah pantang menyerah.

Berinisiatif tinggi

Inisiatif merupakan karakter dasar yang perlu dimiliki dan dikembangkan. Orang dengan inisiatif tinggi menunjukkan semangat dan kualitas hidup yang baik.

Akan banyak peluang yang datang jika kamu memiliki inisiatif yang tinggi dan juga akan menunjukkan kemampuanmu dalam menangani situasi secara spontan. Kebanyakan perusahaan akan menyukai pekerja yang berinisiatif tinggi karena menunjukkan kepedulian dan kebijaksanaan pekerjanya dalam bertindak.

Melek digital

Saat ini, kemampuan untuk mengoperasikan komputer dan alat digital lainnya sangatlah penting. Kamu akan mendapat nilai lebih dari perusahaan kalau nggak hanya sekadar bisa mengoperasikannya, namun mahir dan menguasai.

Banyak pekerjaan yang menuntut kemampuan mengoperasikan berbagai software maupun aplikasi untuk mendukung kinerja di perusahaan. Adapun skill yang sekarang umumnya wajib dikuasai adalah skill Photoshop, CorelDraw, Video Editor, Software Statistik, dan lainnya.

Memiliki etos kerja

Etos kerja juga sangat penting untuk dibangun. Dengan memiliki etos kerja, akan menunjukkan totalitas kepribadianmu dalam bekerja mau pun dalam berhubungan dengan rekan kerja.

Memiliki etos kerja yang baik akan menunjukkan bahwa kamu adalah pekerja yang ideal, yakni memiliki orientasi ke depan, menghargai waktu, bertanggung jawab, dan memiliki persaingan yang sehat. Selalu tunjukkan bahwa kamu memiliki etos kerja sehingga layak dipertahankan.