Menu

Jangan Asal Nikah! Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Menikah Lagi Setelah Cerai

25 Maret 2021 13:30 WIB

ilustrasi pasangan suami istri (Pexels/Jonathan Borba)

HerStory, Jakarta —

Menikah lagi setelah bercerai memang diperbolehkan. Tetapi Moms harus memperhatikan beberapa hal agar gak terjadi perceraian untuk yang kedua kalinya ya.

Gak heran kalau berakhirnya sebuah hubungan atau perceraian dapat menimbulkan rasa trauma yang mendala. Namun bukan berati membuat Moms gak bisa membangun rumah tangga kembali atau jatuh cinta lagi.

Justru, alasan bercerai karena hubungan yang toxic bisa memberikan pelajaran dan pengalaman Moms dalam memulai hubungan yang baru. Moms bisa mulai untuk suka atau jatuh cinta lagi kepada seseorang.

Jika Moms sudah menemukan pengganti yang tepat yang bisa memulihkan semua rasa trauma yang Moms rasakan, jangan ragu untuk menikah lagi. Menikah lagi bukan berati suatu hal yang buruk, justru memulai kembali sebuah hubungan yang sehat dengan bekal masa lalu.

Menikah lagi memberikan dampak postif bagi kesehatan mental Moms. Gak hanya memberikan kebahagian, menikah lagi juga dapat memberikan dukungan berupa fisik dan emosional yang gagal dilakukan pada pernikahan sebelumnya.

Dilansir dari berbagai sumber (25/03/2021), berikut hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin menikah lagi.

Jatuh Cinta

Moms boleh menikah lagi, asal mempertimbangkan rasa yang Moms miliki terhadap orang baru. Apakah terdaoat rasa cinta dan kepercayaan kepada orang baru itu, atau gak. Jika jatuh cinta dan merasakan hal yang sama dengannya Moms bisa memulai hubungan yang baru.

Jika ada seseorang yang datang dengan rasa cinta dan memberikan kepercayaan lebih. Moms bisa pertimbangannya. Sampaikan juga hal buruk dan keadaan terburuk yang akan terjadi nanti ketika menikah. Hal ini membantu mengurangi kesalahan yang berakhir dengan perceraian.

Perencanaan Keuangan

Selain rasa cinta, perancaan keuangan yang tepat antar pasangan pun perlu diperhatikan. Pasalnya banyak kasus perceraian yang terjadi karena keadaan ekonomi yang gak stabil atau prilaku pasangan yang gak bisa mengatur keuangan dengan baik.

Pastikan kamu dan pasangan mulai mendiskusikan mengenai perencaan keuangan setelah menikah. Selain itu, rencanakan juga keuangan pesta pernikahan. Moms pun perlu membuat mengenai tunjangan dan pengeluaran apa setelah menikah.

Adanya Saling Membutuhkan

Pernikahan akan langgeng sampai mau memisahkan karena adanya rasa saling membutuhkan antara kedua pasangan. Jika kedua ini telah ada, Moms akan bisa melewati segala rintangan dalam berumah tangga.

Menikahlah dengan seseorang yang siap mengemban tanggu jawab kamu, begitupun kamu sebaliknya. Jangan hanya bergantung kepada orang lain, pastikan Moms juga menjadi tempat bergantungnya.

Selain itu, saling mengahargai pun penting. Moms harus peka pada kesempatan yang ada. Sebab jarang adanya kesempatan kedua.

Nah Moms jangan lupa perhatikan hal tersebut ya jika ingin menikah lagi. Jangan memikirkan perkataan orang, Moms hanya perlu fokus dengan apa yang ada di depan mata dan kebahagian Moms.

Artikel Pilihan