Menu

5 Ciri-Ciri Perkembangan Janin Kembar yang Sehat

26 Maret 2021 08:00 WIB

Bayi kembar mengenakan kostum kelinci. (The Bump/Edited by HerStory).

HerStory, Jakarta —

Hampir setiap orang ingin memiliki bayi kembar. Tetapi Moms sudah tahu belum bagaimana perkembangan janin kembar yang sehat di dalam lahir? 

Memiliki bayi kembar adalah anugerah bagi setiap pasangan. Hampir semua orang menganggap bayi kembar lucu dan memiliki emosional yang kuat antar kedua bayi ketika dewasa nanti. 

Setiap pasangan pasti sangat senang jika dikabarkan kalau bayi yang dikandung oleh ibunya ternyata kembar. Oleh karena itu perawatan dan pemantauan perkembangan janin bayi menjadi hal yang penting. 

Setiap orang tua pasti ingin selalu janin yang dikandungnya tumbuh dengan sehat. Oleh karena itu, Moms pasti sering konsultasi dengan dokter untuk memantau perkembangan janin di dalam rahim. 

Kehamilan biasanya berlangsung sekitar 40 minggu atau selama tiga trimester. Pada trimester pertama usia kandungan biasanya berlangsung hingga 12 minggu. Diawal masa kehamilan ini akan terjadi banyak perubahan pada tubuh Moms dan janin. begitupun untuk kehamilan kembar. 

Dilansir dari berbagai sumber (26/03/2021), berikut perkembangan janin kembar yang sehat dalam kandungan. 

Tahap Awal Perkembangan 

Tahap awal perkembangan dimulai pada minggu ke- 1 hingga minggu ke- 3 pada masa kehamilan. Perkembangan pada minggu pertama hingga ketika yaitu janin tumbuh dari dua sel telur berbeda yang dibuahi. 

Pada minggu ketiga, besar janin hanya sebesar bola kelereng. Walaupun begitu, janin sudah terdiri dari beberapa ratus sel yang disebut blastokista di dalam rahim. 

Pembentukan Embrio 

Umumnya pada minggu keempat kehamilan, janin kembar sudah berbentuk embrio yang terdiri dari dua lapisan sel. Pada tahap ini, janin dalam perut Moms sudah mulai membentuk organ di dalam tubuhnya dan bagian tubuhnya pun juga mulai berkembang. 

Pada minggu kelima kehamilan, masing-masing janin dalam bentuk embrio akan memiliki kantung ketuban dan plasenta. 

Mulai terbentuk Tubuh

Memasuki minggu kedelapan kehamilan, janin kembar sudah memiliki lengan dan kaki yang menekuk. Pada fase ini, Moms juga sudah bisa merasakan detak jantungnya lho.

Umumnya, antara minggu ke- 7 dan minggu ke- 8, kepala janin sudah berkembang. Hal ini memicu perkembangan sel saraf di otak janin yang mulai kaya dan bercabang antara satu dengan yang lainnya. 

Perkembangan Alat Kelamin dan Kuku

Perkembangan alat kelamin hingga kuku terhadi pada minggu ke- 9 hingga ke- 12 pada masa kehamilan. Janin kembar pun sudah mulai sibuk menendang dan melakukan peregangan di dalam rahim.

Pada masa ini tangan dan jari-jari kaki semakin berkembang. Pada tahap ini juga, alat kelamin bayi juga sudah mulai terbentuk.

Trimester Pertama

Perkembangan bayi pada trimster pertama diakhir dengan tumbuhnya kuku dan jari mungil. Pada fase ini pun wajah bayi semakin jelas, di mana kelopak mata sudah menutupi mata dan organ tubuh seperti usus sudah mulai terbentuk. 

Moms, jadi ini dia tahapan perkembangan janin kembar di dalam rahim. Umumnya pada masa awal kehamilan yaitu pada trimester awal kehamilan Moms harus lebih memerhatikan kesehatan Moms dan janin. Moms bisa menjaganya dengan mengonsumsi vitamin khusus ibu hamil, berolahraga dan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi.