Menu

Bumil Merapat! Ini Dia Manfaat Jalan Kaki Bagi Ibu Hamil

27 Maret 2021 17:00 WIB

Ilustrasi ibu hamil sedang jogging. (Verywellfamily.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms pasti ingin kehamilan selalu sehat? Moms bisa lakukan dengan jalan kaki lho.

Jalan kaki memiliki banyak manfaat bagu kehamilan lho. Gak hanya untuk ibunya yang mengandung, tetapi juga untuk janin yang dikandung.

Moms bisa selalu menjaga kesehatan ibu dan janin dengan menerapakan pola hidup sehat. Lakukan olahraga seperti yoga atau dengan cara yang sederhana yaitu jalan kaki.

Selain olahraga, Moms juga perlu mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Moms perlu mengonsumsi makanan yang kaya asam folat dan nutrisi lainnya.

Salah satu cara paling sederhana dalam menjaga kesehatan ibu hamil adalah jalan kaki secara rutin. Jalan kaki dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah ketika hamil.

Dilansir dari berbagai sumber (27/03/2021), berikut manfaat jalan kaki bagi ibu hamil.

Mengurangi Varises

Vairses merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh ibu hami. Varises pada area kaki akan terasa nyeri dan pegal.

Salah satu cara mengatasi varises selama kehamilan adalah dengan rutin berjalan kaki. Dengan jalan kaki membuat pembuluh darah vena yang terlihat di area kaki pun akan berkurang.

Mengurangi Stres

Banyak para ibu yang mengalami stres ketika hamil karena banyak sebab. Salah satunya dalam menghadapi perubahan fisik, sehingga Moms stres dan gak percaya diri.

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang sederhana dan efektif untuk menghilangkan stres. Jalan kaki dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan hormon bahagia endorfin.

Mengurangi Preeklampsia

Preeklampsia merupakan gejala darah tinggi selama kehamilan. Penelitian menyebutkan bahwa 5 - 8 persen ibu hamil di dunia memgalami kondisi ini.

Berjalan kaki secara rutin dapat membantu menjaga berat badan selama kehamilan. Selain itu, mengurangi kolesterol yang menjadi pemicu tekanan darah naik. Cara ini membuat Moms terhindar dari persalinan prematur akibat preeklampsia.

Wah olahraga yang sederhana ini ternyata bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin ya. Moms bisa jalan kako di sekitar rumah dan ditemani oleh suami agar ada yang menjaga kalau terjadi sesuatu hal.