Menu

20 Nama Wanita Hebat dan Inspiratif, Bisa Jadi Ide Nama untuk Calon Buah Hati

01 April 2021 21:00 WIB

Bayi berjemur (Sunlight Institute)

HerStory, Bandung —

Mencari nama anak perempuan terkadang membingungkan. Memilih nama untuk anak tentu tak boleh asal. Hal ini karena nama merupakan salah satu bentuk doa dari orang tua. Jika kamu bingung memilih nama untuk anak perempuan, berikut adalah beberapa nama anak perempuan orang-orang hebat sepertii dilansir dari berbagai sumber, (01/04/2021).

Puan Maharani Nakshatra Kusyala

Puan Maharani merupakan putri dari Megawati Soekarno Putri. Puan Maharani dikenal sebagai salah satu politisi di Indonesia. Bahkan saat ini Puan Maharani menjabat sebagai Ketua DPR RI.

Nama Puan berasal dari bahasa Hawai yang berarti bunga yang indah. Maharani berasal dari bahasa jawa yang artinya ratu, permaisuri atau perasaan pada keadilan.

Sedangkan Nakshatra berasal dari bahasa Yunani yang menunjukkan orang yang ahli di bidang seni atau orang yang pandai menulis. Kemudian kata Kusyala memiliki arti teknik. Kusyala berasal dari bahasa Bangla.

Najwa Shihab

Najwa Shihab merupakan seorang pembawa acara dan presenter yang terkenal di Indonesia. Najwa dikenal sebagai sosok yang cerdas dan kritis. Najwa merupakan putri dari Quraish Shihab. Nama Najwa memiliki sebuah arti. Najwa berasal dari bahasa arab yang berarti rahasia atau bisikan.

Najeela Shihab

Najeela Shihab merupakan kakak dari Najwa Shihab. Kata Najeela memiliki sebuah makna yaitu seseorang yang pandai atau berbakat seni dan menulis. Seseorang yang bernama Najeela diharapkan tak pernah lelah dan lebih gigih dibandingkan dengan lainnya.

Nahla Shihab

Nahla Shihab merupakan putri bungsu dari Quraish Shihab. Kata Nahla berasal dari bahasa Arab yang artinya setia dan sederhana. Sedangkan dalam arti islami artinya seteguk air.

Nayswa Shihab

Nayswa Shihab juga merupakan putri dari Quraish Shihab. Kata Nayswa dalam arti islami yaitu seseorang yang besar hati dan bersemangat.

Gayatri Idalia Yudhoyono

Gayatri Idalia Yudhoyono merupakan putri dari Ibas Yudhoyono dan Aliya Rajasa. Gayatri lahir pada 1 Januari 2018 dengan proses persalinan normal.

Sang ayah, Ibas Yudhoyono menjelaskan tentang arti dan makna dari nama putrinya tersebut. Nama Gayatri diambil dari seorang istri dari Raden Wijaya Raja Majapahit.

Gayatri memiliki arti kekuatan besar. Gayatri juga dapat diartikan sebagai pemimpin yang tangguh dan memiliki kecantikan yang luar biasa.

Almira Tungga Dewi Yudhoyono

Almira Tungga Dewi Yudhoyono merupakan putri dari Agus Yudhoyono dan Annisa Pohan. Almira merupakan cucu pertama dari Susilo Bambang Yudhoyono.

Nama Almira memiliki arti putri yang mulia. Tungga Dewi merupakan tokoh wanita abad ke-14 dan ratu Majapahit yang setia dan berani. Sedangkan nama Yudhoyono adalah nama keluarga.

Siti Hardijanti Rukmana

Siti Hardijanti Rukmana merupakan anak perempuan pertama dari Soeharto dan Tien Soeharto. Kata Siti berasal dari bahasa jawa yang bermakna tanah. Sedangkan dalam bahasa Mesir artinya wanita.

Dalam bahasa Jawa, Hardi memiliki makna tinggi. Sedangkan Janti berasal dari kata 'Yanti' yang dalam bahasa Indonesia berarti kedamaian dan rajin bekerja. Sedangkan kata Rukmana dalam bahasa Indonesia memiliki arti cemerlang.

Siti Hediati Hariyadi

Siti Hardijanti Rukmana merupakan anak keempat dari Soeharto dan Tien Soeharto. Kata 'Siti' dalam bahasa Jawa bermakna tanah. Sedangkan dalam bahasa Mesir berarti wanita. Sedangkan kata Hariyadi berasal dari bahasa jawa yang berarti balik, mulia.

Alissa Qotrunnada Wahid

Alissa merupakan putri dari Alm. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Nama Alissa dalam bahasa Yunani memiliki arti menarik. Kata Qutrunnada berasal dari bahasa arab yang berarti tetesan embun.

La Lembah Manah

La Lembah Manah merupakan cucu dari Presiden Joko Widodo. La Lembah Manah adalah anak kedua dari Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. Lembah Manah memiliki arti rendah hati. Sedangkan La memiliki arti yang tidak diungkapkan oleh Gibran.

Sedah Mirah

Sedah Mirah merupakan putri dari Kahiyang Ayu (Putri Presiden Jokowi) dan Bobby Nasution. Bobby Nasution menjelaskan tentang makna dari nama putrinya tersebut. Sedah Mirah diambil dari nama seorang putri yang pernah ada di Solo. Sedah Mirah dikenal dengan kecantikannya.

Salima Putri Tama

Salima Putri Tama merupakan putri dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Wishnutama dan Gista Putri. Nama Salima Putri Tama memiliki sebuah arti. Salima berarti melindungi, pendengar yang baik, sehat, selamat dan memiliki unsur kedamaian dalam arti nama agama Islam.

Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri merupakan putri dari Presiden pertama RI, Soekarno. Kata Megawati berasal dari bahasa Indonesia yang artinya kelincahan awan.

Sedangkan dalam bahasa Jawa, artinya pelindung panas. Selain itu, Megawati memiliki makna seseorang yang cerdas, berani dan pekerja keras.

Sukmawati Soekarnoputri

Sukmawati Soekarnoputri merupakan putri dari Soekarno. Nama Sukmawati berasal dari bahasa Sansekerta yang wanita seharum bunga.

Rukmini Soekarno

Rukmini Soekarno merupakan salah satu putri dari Soekarno. Kata Rukmini berasal dari bahasa Indonesia yang artinya pendengar yang tajam. Sedangkan dalam baha Sansekerta, Rukmini memiliki arti dihiasai dengan emas.

Zanubba Ariffah Chafsoh Wahid

Zanubba merupakan putri dari Alm. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Nama Zanubba memiliki sebuah makna. Zabubba memiliki arti seseorang yang senang bergaul. Arifah dalam bahasa Arab memiliki arti memiliki ilmu pengetahuan.

Inayah Wulandari Wahid

Inayah merupakan putri dari Alm. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Kata Inayah berasal dari bahasa Arab yang artinya peduli. Kata Wulandari berasal dari bahasa Jawa yang artinya sinar rembulan atau bulan purnama.

Anita Hayatunnufus Wahid

Anita Hayatunnufus Wahid juga merupakan putri dari Alm. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Kata Anita dalam bahasa Sansekerta berarti bebas, dalam bahasa Jerman sangat ramah dan bahasa Hawaii artinya anggun. Kata Hayatunnufus artinya kehidupan.

Putri Habibie

Putri Habibie merupakan cucu dari Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie). Nama Putri juga memiliki sebuah makna. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Putri berarti anak perempuan atau wanita. Sedangkan Habibie artinya kekasihku atau kesayanganku.

Artikel Pilihan