Menu

3 Fakta Derta Wahyulin, Istri Gubernur Bengkulu yang Menjabat Sebagai Ketua Tim Penggerak PKK

12 April 2021 23:15 WIB

Derta Wahyulin, istri gubernur Bengkulu. (Instagram/mediacenterbkl)

HerStory, Bandung —

Derta Wahyulin adalah istri dari Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. Ia dilantik sebagai Tim Penggerak (TP) PKK provinsi Bengkulu periode 2016-2021. Ia juga dikenal sebagai sosok berjiwa sosial tinggi dan snagat perhatian pada keluarga.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Derta Wahyulin, berikut HerStory telah merangkum tiga fakta mengenai istri orang nomor satu di Bengkulu ini.

1. Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu

Derta Wahyulin resmi menjabat ketua Tim Penggerak (TP) PKK Setelah dilantik langsung oleh Ketua TP PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo dengan sisa masa jabatan 2016-2021

Di bawah kepemimpinan Derta Wahyulin, Tim Penggerak PKK Provinsi Bengkulu mampu melaksanakan tugas dan kewajiban, meningkatkan peran serta PKK dalam mensukseskan pembangunan.

2. Perhatian pada hak anak

Derta Wahyulin berpendapat bahwa keluarga merupakan aspek penting dalam membentuk karakter dan kepribadian anak. Keluarga menjadi yang terdekat dan awal mula pembentukan karakter. Pola asuh dalam keluarga sangat besar pengaruhnya terhadap tumbuh kembang kepribadian anak.

Selain pendidikan, ibu tiga anak ini berpendapat bahwa terdapat hak anak yang semestinya dipenuhi yakni perlindungan. Menurutnya, memberikan perlindungan terhadap anak merupakan tugas bersama, tidak memandang anak siapa. Kesadaran melindungi anak, juga harus ditumbuhkan sehingga lingkungan sekitar menjadi tempat yang benar-benar aman, nyaman, dan pasti ramah anak.

Berbagi pengalaman mengasuh dan mendidik anak, Derta mengaku memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada anak-anaknya untuk mengembangkan bakat sesuai minatnya.

Baginya, mengenalkan pendidikan agama juga menjadi hal utama. Kemudian, menjadikan rumah sebagai tempat yang nyaman untuk keluarga, sehingga komunikasi antara orangtua dan anak bisa berjalan efektif.

3. Sosok ibu yang baik di mata anak-anaknya

Putra sulung Rohidin Mersyah, Ahmad Fachry Falah, mengungkapkan isi hatinya tentang sosok ibunda Derta Wahyulin. Fachry sapaan akrabnya, menceritakan sifat sang ibu yang dikenal tegas, cerewet, dan sangat pembersih dalam merawat ketiga anaknya.

Fachry yang merupakan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) jurusan Ilmu Komunikasi semester V ini berujar, sosok Derta Wahyulin merupakan teman curhat terbaik tak ubahnya saat ia tengah menempuh pendidikan di daerah saat ini.

“Mama itu tempat cerita paling nyaman, orangnya suka ngomel, agak galak, tapi dia perhatian sekali dengan anak-anaknya, hal sekecil apapun pasti diperhatikan, mama juga sangat pembersih, misal anaknya kotor dia pasti marah,aku paling terbuka sama mama,” ujar Fachry dikutip dari berbagai sumber, (12/04/2021).

Diceritakan Fachry, ibunya adalah teman jalan-jalan yang paling mengasyikan, terutama jalan-jalan yang menyatu dengan alam, diakui Fachry sang mama sangat jarang mengajak anak-anaknya jalan ke mall terkecuali saat belanja keperluan rumah.

“Mama itu teman jalan aku juga, mama suka jalan-jalan ke alam, bukan ke mall ya, dia juga pemberani, misal main ke pantai, nemenin aku nyelam, berkuda, jadi mama itu kawan berpetualang kami,” tutupnya.