Menu

Ini Dia Sosok Kartini Masa Kini yang Sangat Menginspirasi

21 April 2021 17:30 WIB

Najwa Shihab dan Susi Pudjiastuti (Instagram/najwashihab)

HerStory, Jakarta —

Ibu Kartini menjadi salah satu pahlawan yang berpengaruh bagi kesejahteraan para wanita dan semua tindakannya di masa lalu pun mempunyai dampak yang besar di masa sekarang.

Dulu, sosok Ibu Kartini selalu berusaha untuk melawan semua stigma tentang wanita dan juga membuat wanita berpendidikan dengan membuka kelas baca dan tulis.

Masa kini, sosok Ibu Kartini masih tercermin pada sikap beberapa wanita, contohnya wanita-wanita berikut yang pantas dijulki 'Kartini Masa Kini'

Susi Pudjiastuti 

Ibu Susi Pudjiastuti yang pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia ini menepis semua stigma yang mengatakan bahwa harus sekolah yang tinggi untuk menjadi seorang menteri.

Buktinya hanya dengan ijazah SMP, Ibu Susi mampu menjadi menteri yang sangat disukai masyarakat karena kinerjanya yang membuat perairan Indonesia membaik.

Selepas menjadi menteri, Ibu Susi fokus pada bisnis perikanan dan penerbangan SUSI Air yang banyak membuka lowongan pekerjaan. Ibu Susi juga merupakan seseorang yang fokus terhadap kondisi kelautan dan perikanan di Indonesia sampai sekarang.

Aktif di media sosial, Ibu Susi pun sering melakukan diskusi dengan masyarakat mengenai semua hal yang berkaitan dengan kesejahteraan Indonesia, khusunya di bidang perairan. 

Dian Sastrowardoyo

Aktris berpengalaman, Dian Sastrowardoyo menjadi salah satu wanita yang membuktikan bahwa wanita bisa melakukan pekerjaan apapun dalam satu waktu.

Aktif di dunia hiburan, gak membuat Dian Sastro lupa akan lingkungan sekitar. Aktris yang juga seorang istri dan ibu ini mengikuti banyak sekali kegiatan sosial yang sangat berarti.

Sikap kritis yang dipunyai Dian Sastro juga membuat banyak hati tergerak dan juga Dian Sastro merupakan pelopor dibuatnya surat terbuka untuk perfilman Indonesia di tengah pandemi. 

Najwa Shihab 

Jurnalis wanita yang tangguh, Najwa Shihab memang menjadi salah satu panutan para wanita dalam menunjukkan kemampuan dan keberanian. 

Sosok Najwa yang dikenal tegas dan selalu mementingkan kebenaran membuat semua rakyat Indonesia terkagum. Selalu kritis dalam berbagai hal membuat lawan bicara Najwa mati kutu.

Menjadi sosok yang berani bertindak dan mengungkap kebenaran, khususnya dalam bidang politik. Najwa Shihab merupakan sosok yang memberi inspirasi bagi setiap wanita. 

Butet Manurung 

Peduli akan pendidikan adalah kalimat yang cocok untuk seorang Butet Manurung yang tindakannya membuat kita berdecak kagum. 

Rela pergi ke pelosok pedalaman, Butet Manurung ingin memberi pendidikan kepada suku Anak Dalam yang ada di Jambi dengan mendirikan Sakola Rimba.

Sakola Rimba merupakan tempat untuk belajar baca tulis yang khusus dibangun untuk mencerdaskan anak bangsa dan juga memenuhi hak anak-anak untuk sekolah. 

Angkie Yudistia 

Nama Angkie Yudistia memang terdengar asing di telinga, tapi jangan salah Angkie adalah seorang CEO sekaligus Founder dari Thisable Enterprise.

Thisable Enterprise adalah sebuah tempat bagi para penyandang disabilitas yang mempunyai ketertarikan untuk menjadi seorang pengusaha. 

Divonis mengalami tuna rungu saat berusia sepuluh tahun gak menjadikan halangan untuk terus berkembang. Angkie malah berhasil sebuah wadah untuk membentuk para penyandang disabilitas untuk menjadi pengusaha sukses. 

Share Artikel:

Oleh: Tiara Sekarini