Menu

Mengenal 6 Jenis Kulit Wajah dan Perawatannya, Kamu Tipe yang Mana Beauty?

03 Mei 2021 13:50 WIB

ilustrasi kerutan di wajah (freepik/wavebreakmedia_micro_)

HerStory, Bandung —

Sebelum membeli produk perawatan, baiknya kamu mengetahui lebih dulu jenis kulitmu supaya gak menimbulkan iritasi.

Setidaknya ada empat jenis kulit yang biasanya tertera dalam produk yakni berminyak, kering, normal, dan kombinasi. 

Dikutip dari berbagai sumber, sebetulnya ada enam jenis kulit wajah yang berbeda pula jenis perawatannya. Yuk simak selengkapnya.

1. Kulit berminyak

Kulit berminyak adalah salah jenis kulit yang paling mudah dikenali.  Seseorang yang memiliki kulit berminyak dalam satu atau dua jam, wajahnya akan tampak mengkilap meski tak menggunakan pelempab khususnya pada bagian dahi, tengah hidung dan dagu.

2. Kulit kering

Orang yang memiliki kulit kering cenderung merasa kulitnya sangat kencang setelah mencuci wajah apalagi jika tak menggunakan pelembab dalam satu atau dua jam setelah pembersihan khususnya pada bagian sekitar mata dan mulut.

3. Kulit berjerawat

Jerawat bukanlah masalah yang terjadi pada remaja. Kulit yang cenderung berjerawat, cenderung lebih mudah tersumbat karena minyak yang lebih tebal yang dapat terperangkap di bawah folikel dan tak bisa muncul ke permukaan. Kulit berjerawat juga akan memiliki jerawat secara teratur, bukan pada masa tertentu saja.

4. Kulit sensitif

Kulit sensitif biasanya ditandai oleh bagaimana ia bereaksi terhadap produk perawatan dan faktor-faktor seperti sinar UV matahari. Kalau kamu menderita alergi musiman, mengalami eksim atau menderita asma, kemungkinan kulitmu sensitif.

5. Kulit kombinasi

Kulit kombinasi biasanya merujuk pada kulit yang sedikit berminyak di area T-zone dan kering pada bagian lainnya. Namun, kulit kombinasi bisa berupa yang berjerawat dan sensitif di waktu yang bersamaan atau rawan jerawat dan kering. Pasa kasusnya setiap orang memiliki kombinasi yang berbeda.

6. Kulit normal

Dalam dunia perawatan kulit dan dermatologi, kulit normal mengacu pada kulit yang tak mengalami segala jenis kondisi kulit yang berlebihan. Dengan kata lain, kamu tak akan mengalami wajah yang terlalu kering, berminyak dan tidak selalu berjerawat.

Bagaimana perawatannya? Beda jenis kulit tentu beda produk kecantikan dan jenis perawatannya. Kalau kamu sedang mencari produk yang tepat, kamu bisa coba rangkaian produk Dr Belmeur dari The Face Shop.

Rangkaian produk Dr Belmeur memiliki kandungan dan khasiat yang berbeda-beda, serta diformulasikan secara khusus untuk berbagai jenis kondisi kulit wajah. Ini dia ulasannya.

1. DR BELMEUR ADVANCED CICA

Produk premium Dr Belmeur ini diformulasikan untuk kulit normal, sensitif, fragile dan mudah rusak akibat iritasi kecil pada penggunaan sehari-hari. Produk ini juga terbuat dari bahan-bahan yang sudah teruji secara dermatologis, seperti: Ceramide, Panthenol, dan Centella Asiatica Extra yang dapat membantu untuk merawat dan memperbaiki kulit yang rusak. 

2. DR BELMEUR DAILY REPAIR

Dr. Belmeur Daily Repair adalah lini produk untuk kulit normal dan sensitif akibat rusaknya skin barrier dan kulit kering. Produk ini terbuat dari bahan-bahan yang sudah teruji secara dermatologis dan mild plant-based, seperti: Phytosphingosine, Moroheiya, dan Birch Tree Sap yang dapat membantu mengurangi gatal pada kulit akibat kekeringan, melembabkan kulit, dan memperkuat skin barrier.

3. DR BELMEUR CLARIFYING

Dr. Belmeur Clarifying Series diracik khusus untuk kulit berjerawat dan berminyak. Terbuat dari bahan-bahan yang sudah teruji secara dermatologis dan mild plant-based, seperti: ß-glukan, Chaga Mushrooms, dan Citrus Extract yang dapat membantu mengontrol sekresi sebum yang berlebihan pada kulit wajah sekaligus menghidrasi kulit dan membantu mencegah pembengkakan jerawat serta menenangkan jerawat tanpa iritasi. 

4. DR BELMEUR CLEAN FACE

Rangkaian perawatan kulit yang khusus diformulasikan untuk menangani masalah kulit remaja, meliputi: Mild Toner dan Mild Emulsion. Manfaat utamanya adalah mengencangkan pori dan menenangkan kulit sensitif. Diformulasikan tanpa 12 bahan aditif berbahaya yang membantu mencegah masalah kulit yang diakibatkan oleh pewangi buatan, pewarna, dan bahan etanol.

Saat ini seluruh rangkaian dari produk Dr Belmeur di atas telah tersedia di seluruh gerai The Face Shop, termasuk gerai terbaru-nya di AEON Mall BSD dan Mal Pluit Village. Di samping itu, koleksi ini juga dapat di peroleh secara online melalui situs thefaceshop.id dan Official Store The Face Shop di e-commerce marketplace.