Menu

K-Beauty Semakin Digemari Masyarakat Indonesia, PT Cosmax Perkenalkan Konsep 'HYBRID'

06 Mei 2021 14:10 WIB

Erika Karata. (Akurat.co/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Produk kecantikan Korea Selatan atau yang biasa disebut dengan K-beauty dikenal luas oleh dunia selama beberapa tahun terakhir dan menyebar dengan cepat melalui Gelombang Hallyu (Gelombang Budaya populer Korea Selatan). Dalam beberapa tahun terakhir, K-beauty juga menciptakan perubahan pada bidang tata rias & perawatan kulit dunia, mulai dari tren gaya makeup natural ala bintang K-Pop, 10-Step Skincare Routine, dan lain-lain.

Saat ini, K-Beauty bahkan terus berkembang, dan memiliki fokus pada pengenalan bahan dasar dermatologis yang lebih efektif serta peningkatan kemunculan merek indie baru yang menarik. Didukung oleh kemasan produk yang unik, formula yang simple namun efektif serta inovatif, dan harga yang relatif terjangkau, K-Beauty telah mengubah sekaligus memperluas preferensi dan selera konsumen global dalam hal memilih produk makeup dan skincare yang lebih variatif.

Bahkan di masa pandemi COVID-19, K-Beauty masih terus muncul dan memengaruhi gaya hidup banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Media sosial telah mengambil peran besar dalam menyebarkan K-Beauty, dan hal ini menginspirasi banyak merk kecantikan lokal untuk memenuhi keinginan serta kebutuhan masyarakat terhadap K-Beauty.

Saking besarnya pengaruh yang diberikan oleh K-Beauty, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia menyatakan akan mencontoh kemajuan K-Beauty dalam pengembangan industri kosmetik dan obat herbal di dalam negeri.

PT Cosmax Indonesia yang merupakan manufaktur kosmetik asal Korea Selatan di Indonesia memperkenalkan istilah “HYBRID”. HYBRID yang secara harafiah berarti penggabungan atau pencampuran, merupakan singkatan dari beberapa istilah antara lain:

  • Hibrida / Hybrid: Inovasi penggabungan dua elemen yaitu makeup & skincare dalam satu produk;
  • Young: Karakteristik yang terkesan ‘muda’, unik, minimalis, dan enerjik;
  • Be Quick: Kecepatan, kepraktisan, dan kemudahan dalam memperoleh serta menggunakan produk;
  • Reasonable: Harga produk yang relatif sesuai, wajar, dan terjangkau;
  • Idol: Inspirasi yang diperoleh dari gaya bintang atau idol yang saat ini terkenal di Indonesia;
  • Derma: Kebutuhan atas formula dan bahan dasar dermatologis yang lebih stabil, aman, bersih, dan nyaman digunakan.

Istilah-istilah ini merupakan aspek yang mendeskripsikan karakteristik dari K-Beauty, mendefinisikan K-Beauty sebagai produk kecantikan yang memiliki inovasi tinggi, muda, praktis, aman, terjangkau, dan dapat menginspirasi dunia kecantikan dalam jangka waktu lama.

“Dengan memperkenalkan istilah HYBRID, PT Cosmax Indonesia bertujuan untuk mengedukasi konsumen untuk mengetahui secara jelas definisi dan karakteristik dari K-Beauty, yang mana hal ini dapat digunakan untuk menginspirasi perkembangan industri kecantikan Indonesia. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang K-Beauty, produk kosmetik lokal dapat menyerap serta ‘menggabungkan’ inovasi K-Beauty dengan inovasi lokal, yang dapat mendorong pemanfaatan bahan dan sumber daya lokal pada bidang pengembangan produk kosmetika dalam negeri,” jelas Na Sung Min, Strategic Marketing Leader PT Cosmax Indonesia.

Selain itu, dengan memperkenalkan istilah HYBRID kepada masyarakat diharapkan dapat memicu semangat wirausaha untuk terus menggarap merk makeup dan skincare lokal terbaru yang menjawab permintaan pasar kecantikan Indonesia terhadap produk-produk dengan kualitas serta karakteristik serupa dengan K-Beauty.