Menu

Intip Profil Larissa Chou, Selebgram Cantik Sekaligus Istri Alvin Faiz yang Mendadak Minta Cerai

24 Mei 2021 16:10 WIB

Larissa Chou (Instagram/larissachou)

HerStory, Depok —

Selebgram cantik, Larissa Chou sekaligus istri dari Alvin Faiz mendadak jadi sorotan publik baru-baru ini. Bagaimana tidak? Ia dikabarkan mendadak menggugat cerai suaminya, Alvin Faiz anak dari Ustadz Arifin Ilham.

Diketahui keduanya memutuskan untuk menikah pada tahun 2016 lalu. Di kala itu, pernikahannya juga sempat membuat publik heboh. Pasalnya, Alvin Faiz pada waktu itu masih berusia masih 17 tahun. Nah, penasaran dengan sosok Larissa Chou ini? Yuk, scroll sampai habis ya!

Larissa Chou Merupakan Seorang Mualaf

Larissa lahir di Cirebon pada 23 April 1996, yang kini usianya menduduki 25 tahun. Ia juga merupakan seorang Makeup Artist dan dikenal sebagai salah satu selebgram cantik.

Larissa Chou sendiri diketahui merupakan seorang mualaf keturunan Tionghoa. Ia memutuskan untuk menganut agama Islam sejak usianya yang terbilang cukup muda.

Menjadi seorang mualaf dan hidup bahagia di lingkungan keluarga kiai, bukanlah hal yang mudah untuk Larissa Chou. Tantangan terbesar yang harus ia hadapi adalah penerimaan keluarga besarnya kalau dirinya memutuskan untuk masuk Islam.

larissa Chou kerap mendapatkan pertentangan dari keluarga maupun sesama Tionghoa karena keputusannya untuk memeluk agama Islam.

“Pilihan hidup gadis Tionghoa memilih masuk Islam dan berhijab jelas ditentang keluarga. Mana ada keluarga yang mau anaknya pindah agama,” ujarnya

Alasannya memeluk agama Islam terbilang cukup sederhana. Larissa mengagumi ibadah umat muslim yang terpisah antara laki-laki dan perempuan.

Selain itu, Larissa Chou juga sempat menuliskan kisah mualafnya dalam sebuah buku berjudul Rissa.

Salah Satu Korban dari Kerusuhan 1998

Tak banyak diketahui jika istri Alvin Faiz ini merupakan salah satu korban rasis kerusuhan pada tahun 1998 lalu. Butuh perjuangan baginya untuk diterima di keluarganya yang non Muslim.

Hal tersebut karena keluarga wanita kelahiran Cirebon tersebut memiliki trauma dengan islam, yakni saat peristiwa kerusuhan tahun 1998. Keluarga Larissa menjadi salah satu korbannya.

“Dulu di keluarga aku bukannya melarang, cuma ada trauma karena keluarga korban 1998. Di mana rumah dan toko hancur. Mereka berpikir, ‘kok orang chinese diginikan sekali’. Mereka berpikir orang Indonesia semua muslim. Cuma lama-lama trauma itu hilang,” kata Larissa Chou.

Awal Mula Bertemu dengan Alvin Faiz

Ketika wanita asal Cirebon ini ingin memantapkan niatnya untuk memeluk agama Islam, dari situ lah Larissa Chou mulai memperdalam ilmu agama Islam lewat YouTube. Bahkan, ibu anak satu ini diketahui mulai berdiskusi dengan Alvin melalui email.

Keduanya mulai dipertemukan dalam beberapa acara walaupun terpisah oleh jarak. Dari situ, Larissa semakin yakin untuk menjadi seorang mualaf.

Bahkan Alvin sendiri yang membimbing selebgram cantik ini untuk mengucapkan dua kalimat syahadat dan menjadikannya seorang mualaf hingga saat ini keduanya sudah menikah.

“Tanpa ada keraguan sama sekali masuk Islam. Keputusan besar buat orang agak tabu. Saya sudah berjuang memilih Islam karena bukan disuruh orang. Tidak mikir kemana-mana. Allah sendiri yang sudah memilih,” ucap Larissa.

 Larissa Chou dan Muhammad Alvin Faiz sudah dikaruniai 1 anak, Yusuf.

Sempat Dihina oleh Orang-orang di Sekitarnya.

Usai menjadi seorang mualaf, Larissa Chou tetap mendapatkan pertentangan dari orang-orang di sekitarnya. Bahkan, dirinya disebut terpaksa memasuki agama Islam karena ingin menikah dengan suaminya, Alvin Faiz.

“Rasisme yang pernah aku terima 1. Dari orang-orang non Chinese, 2. Dari sesama Chinese. Dari orang non Chinese: Kok mantu ulama orang China, yaelah menang wajah oriental doang dan putih makannya terkenal, mualaf demi laki-laki ye, karena Chinese doang nih dipilih jadi bini buat keturunan,” tulisnya.

Hinaan tersebut tak hanya dari masyarakat lokal, tetapi juga dari masyarakat yang sama-sama keturunan Tionghoa seperti dirinya.

“Dari sesama Chinese: Bego banget sih masuk Islam, gak cocok pakai jilbab, dasar Cina Bego mau aja jadi muslimah gitu, padahal masih banyak cowok Chinese kenapa pilih sama anak Kyai,” ungkapnya.

Namun, hinaan tersebut tak diperdulikan oleh Larissa. Ia tetap menjalani ibadah dan istiqomah terhadap agama yang ia pilih, yaitu Islam.

“Lucu-lucu semua, dari semua aku bawa santuy…,” ucapnya.

Seiring waktu berjalan, akhirnya hubungan Larissa Chou dan keluarganya pun semakin membaik. Bahkan, dirinya kerap membagikan momen kedekatan dengan keluarganya di Instagram pribadinya.

“Pasti seiring berjalannya waktu, kita semua sudah biasa saja dan damai saja dengan keyakinan masing-masing. Alhamdulillah,” pungkas Larissa Chou.

Cerai dengan Alvin Faiz

Setelah lima tahun pernikahan, Larissa Chou memutuskan untuk menggugat cerai Alvin Faiz. Ia resmi mendaftarkan gugatan cerainya atas Alvin pada 20 Mei 2021.

Kabar tersebut diungkapkan langsung oleh Dede Supriadi, staf Humas Pengadilan Agama Cibinong kepada awak media. Menurut anak mediang Ustadz Arifin Ilham itu penceraian keduanya disebabkan karena sudah tak sejalan.

"Adapun untuk membantah asumsi yang tidak2 dari media, kami menegaskan bahwa perceraian ini tidak didasari adanya orang ketiga, poligami, kekerasan yang mengandung fisik, atau hal yang serupa," tegas Alvin.

Selama ini menjadi panutan anak muda, Larissa Chou dan Alvin pun meminta maaf karena tak bisa menjadi sosok yang baik bagi publik karena memilih untuk berpisah.

"Saya dan larissa juga memohon maaf sebesar-besarnya karena belum bisa memberikan contoh yang baik kepada sahabat-sahabat semua," jelas Alvin.

Nah, itu dia profil Larissa Chou, selebgram cantik keturunan Tionghoa.