Menu

Selain Gisel, Ini Sederet Artis yang Pernah Terlibat Skandal Video Syur, Siapa Saja Ya?

25 Mei 2021 10:15 WIB

Gisella Anastasia dan Luna Maya (Instagram/Edited by HerStory)

HerStory, Depok —

Peristiwa tersebarnya video syur artis wanita di Indonesia memang beberapa kali sempat terjadi, yang terakhir adalah kasus Gisella Anastasia.

Mantan istri Gading alias Gisella Anastasia belum lama ini ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya sebagai tersangka atas kasus video syur berdurasi 19 detik pada bulan November 2020 lalu.

Akibat perbuatannya, Gisel dijerat dengan UU Pornografi. Begitu juga dengan pria yang ada di dalamnya, yaitu Michael Yukinobu de Fretes yang ditetapkan sebagai tersangka.

Nah, selain Gisell ternyata masih ada artis Indonesia yang sempat terjerat kasus video syur. Siapa saja ya? Merangkum dari berbagai sumber, yuk simak!

1. Cut Tari, Luna Maya, dan Ariel Noah

Pada tahun 2010 lalu, video syur menyeret tiga sosok artis sekaligus, yaitu Ariel Noah, Cut Tari, dan Luna Maya. Di kala itu, video adegan mesum yang melibatkan Ariel dengan Luna Maya, serta Ariel dengan Cut Tari.

Video panas tersebut akhirnya beredar luas dan jadi bahan gunjingan publik. Akibatnya, Ariel Noah mendekam di penjara Kebonwaru, Bandung, selama 1 tahun 7 bulan. 

Sementara Luna Maya dan Cut Tari mendapat tekanan dari publik. Bahkan, Cut Tari sempat absen di dunia entertainment beberapa tahun lamanya pascakasus tersebut. 

Empat tahun berselang, Cut tari resmi bercerai dengan Yusuf Subrata yang digadang-gadang diakibatkan dengan kasus video syur tersebut.

2. Jessica Iskandar

Pada awal November 2020, publik sempat dibuat geger oleh munculnya video syur yang viral di media sosial. Salah satu pemainnya disebut-sebut mirip Jessica Iskandar.

Jessica pun memberikan klarifikasi atas kehebohan yang terjadi. Melalui unggahannya di Instagram, ia membagikan potret dirinya dengan mengenakan make-up tebal dan berpose menghadap kamera.

Unggahan tersebut juga diiringi keterangan "Mendadak ada kembarangan bule LOL". Laporan kasus video Jessica Iskandar pun sudah diterima oleh Polda Metro Jaya. Laporan terakhir, kasus video syur Jessica sudah naik ke tingkat penyidikan.

3. Syahrini

Pada Mei 2020, beredar video syur yang di dalamnya terdapat sosok mirip artis cantik, Syahrini. Video tersebut pun viral di media sosial dan menjadi perbincangan publik. 

Syahrini pun tak tinggal diam dengan kasus tersebut pun lantaran membuat namanya tercemar. Berdasarkan kuasa hukumnya, Syahrini akhirnya melaporkan kasus video itu ke polisi.

Setelah melewati serangkaian pemeriksaan, polisi menetapkan pelaku berinisial MS sebagai tersangka karena mengunggah video diduga mirip Syahrini lewat akun Instagramnya @danunyinyir99.

Berdasarkan laporan, pelaku berinisial MS itu menyebarkan karena benci dengan Syahrini. Akibatnya, MS terancam hukuman 12 tahun penjara.

4. Vanessa Angel

Pada tahun 2019 silam, kasus prostitusi online menyeret nama Vanessa Angel. Melalui proses penyidikan, Vanessa terbukti menyebarkan video mesum kepada pihak mucikari. Ia dijerat pasal 27 ayat 1 Undang-Undang ITE.

5. Marion Jola

Pada awal tahun 2018, sempat beredar video syur dari salah satu peserta Indonesian Idol 2017, yaitu Marion Jola. Meskipun banyak yang mengklaim itu adalah dirinya lantaran wajah yang mirip, Marion tetap membantah bahwa wanita tersebut bukanlah dirinya.

Nah, itu dia sederet artis yang pernah ketahuan dan terlibat kasus video syur di Indonesia.