Menu

Gak Boleh Potong Rambut Saat Hamil, Mitos atau Fakta?

11 Juni 2021 09:15 WIB

Ilustrasi memotong rambut di salon (Freepik)

HerStory, Jakarta —

Saat kamu sedang hamil pasti banyak mendengar larangan-larangan yang berbahaya untukmu dan janin, salah satunya dilarang untuk memotong rambut. Akhirnya, banyak ibu hamil yang takut untuk ke salon dan memotong rambutnya.

Namun, sebenarnya larangan memotong rambut untuk ibu hamil itu mitos atau fakta sih?

Biasanya, ibu hamil akan merasa rambutnya lebih tebal saat usia kehamilan mencapai 15 minggu. Hal itu dikarenakan oleh hormon estrogen yang meningkat. Itulah alasan mengapa bumil merasa gerah dan ingin memotong rambutnya saat hamil.

Melansir dari Preganancy Birthbaby (11/6/2021), memotong rambut saat hamil bukanlah hal yang dilarang. Terkadang, perubahan hormon yang terjadi saat hamil akan membuat rambut terlihat kusam dan rapuh. 

Pergi ke salon dan memotong rambut bisa jadi kegiatan yang menyenangkan untuk ibu hamil. Jadi, kalau bumil mau memotong rambut enggak perlu khawatir dengan mitos-mitos yang beredar, ya.

Meski enggak ada larangan untuk memotong rambut saat sedang hamil, kamu tetap harus berhati-hati saat memilih tempat potong rambut. 

Datanglah ke salon yang sepi karena kalau berada di tempat yang terlalu ramai akan membuat ibu hamil mengantre dan menunggu berjam-jam. Itu akan membuat ibu hamil cepat lelah.

Selain itu, jika kamu juga ingin melakukan perawatan rambut lainnya, hindari pemakaian produk-produk berbahan kimia. Ada beberapa produk yang menggunakan baha kimia dan dianggap enggak baik untuk kesehatan bumil dan bayi. Makanya, kamu perlu berhati-hati kalau mau melakukan perawatan lainnya selain memotong rambut.

Nah, untuk ibu hamil, sekarang kamu enggak perlu takut lagi memotong rambut karena larangan itu hanyalah sebuah mitos.

Artikel Pilihan