Menu

Ini Profil Rachmawati Soekarnoputri, Anak Ketiga Presiden Soekarno yang Meninggal Dunia karena Covid-19

03 Juli 2021 16:00 WIB

Rachmawati Soekarnoputri (timesindonesia.co.id/Edited by HerStory)

HerStory, Depok —

Inalillahi, Politis Partai Gerindra, Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia pada Sabtu (3/7/2021), di Rumah Sakit Pusat Angakatan Darat (RSPAD).

Anak ketiga dari Presiden Pertama RI Soekarno itu mengembuskan napas terakhir di usianya yang ke-70 tahun. Kabar ini langsung disampaikan oleh Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Ia menyebut putri Bung Karno ini meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

"Bu Rachmawati Soekarnoputri, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra telah berpulang pada pukul lebih kurang pukul 6.15 di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta," kata Dasco yang dikutip dari suara.com.

"Iya (karena Covid-19)," lanjutnya.

Rachmawati Soekarnoputri dengan nama asli Diah Pramana Rachmawati Soekarno, lahir pada 27 September 1950, yang merupakan sosok adik dari Presiden ketiga RI Megawati Soekarnoputri.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut profil dari Rachmawati Soekarnoputri, anak ketiga dari Presiden Pertama di Indonesia.

1. Meneruskan yang Dilakukan Soekarno

Sepanjang hidupnya, Rachmawati meneruskan perjuangan ayahnya melalui berbagai organisasi. Ia diketahui menjadi pengurus Gerakan Pemuda Marhaenis (GPM), Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS), dan Yayasan Bung Karno.

Selain itu, Rachmawati juga mendirikan Universitas bernama Universitas Bung Karno (UBK) yang berlokasi di Jakarta Pusat, serta Yayasan Pendidikan Soekarno bersama beberapa tokoh hebat, seperti Yano Bolang, Simon Tiranda, dan Bagin.

Terlebih, ia juga merupakan Ketua Umum Forum Komunikasi Front Marhaenis. Tujuan mendirikan organisasi-organisasi itu untuk mengimplementasikan ajaran Bung Karo yang masih relasan dengan kondisi sekarang.

Ajaran tersebut terdiri dari Trisakti Bung Karno, yaitu berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan.

2. Berkelana di Dunia Politik.

Rachmawati diketahui mendirikan partai sendiri setelah rezim Soeharto runtuh di tahun 1998. Ia pun menolak untuk bergabung dengan partai sang kakak, Megawati, yaitu PDIP.

Rachmawati lebih memilih mendirikan Partai Pelopor yang sekaligus menjadikan dirinya sebagai ketua umum atau pemimpin.

3. Bergabung dengan Sejumlah Pelopor

Rachmawati sempat jatuh bangun saat mendirikan Partai Pelopor. Ia harus terhenti lantaran tak lolos pemilu sejak tahun 1999. Meski begitu, dirinya tetap akhir bahkan bergabung dengan Partai Nasdem dan menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan.

Sayangnya, ia dipecat oleh Partai Nasdem lanatran mengkritik pedasnya terhadap Presiden Joko Widodo. Usai keluar dari Partai Nasdem, Rachmawati pun memutuskan untuk bergabung dengan Partai Gerindra.

Ia akhirnya menjabat sebagai Waketum Bidang Ideologi Partai Gerindra. Pelantikannya pun langsung dilakukan oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto pada April tahun 2015 lalu.

4. Pernah Menikah 3 Kali

Selain urusan politik, Rachmawati rupanya pernah menikah tiga kali dan memiliki tiga suami. Suami pertama brnama Doktor Martomo Pariatman Marzuki alias Tommy.

Mereka menikah pada tahun 1969 lalu. Namun, hubungannya tak berlangsung lama sehingga memutuskan untuk bercerai. Kemudian, Rachmawati menikah dengan aktor film Dicky Suprapto pada tahun 1975.

Dari pernikahannya, mereka dikaruniai dua orang anak laki-laki. bernama Muhammad Marhaendra Putra dan Muhammad Mahardika Putra. Sayang, hubungannya juga tak berlangsung lama, mereka memutuskan untuk bercerai.

Rachmawati kemudian dikabarkan menikah kembali pada tahun 1995 dengan Benny Sumarno. Seorang ayah dari aktor Anjasmara yang meninggal dunia pada tahun 2018 lalu.

5. Ibu Sambung Anjasmara dan Nenek Sambung Ricky Harun

Terakhir, Rachmawati merupakan seorang ibu sambung Anjasmara, seorang selebriti terkenal. Ayahnya, Benny Soemarno adalah suami Bu Rachma, usai bercerai dengan ibu kandung aktor ini.

Sementara ibu kandung Ricky Harun, Donna Harun pernah menikah dengan DJ Rommy yang merupakan anak sulung Rachmawati Soekarnoputri. ROmmy adalah suami kedua dari Donna Harun.

Selain itu, Ricky Harun diketahui merupakan anak sulung dari Donna dari pernikahan pertama yang gagal. Hal ini mengapa Ricky Harun adalah cucu sambung dari Rachmawati.

Nah, itu dia profil Rachmawati Soekarnoputri anak ketiga dari Presiden Pertama di Indonesia, Soekarno.