Menu

Kenali 6 Jenis Kulit ala Fitzpatrick, Salah Penanganan Bisa Kena Kanker Kulit?

08 Juli 2021 11:22 WIB

Ilustrasi warna kulit. (Canva/The Susannah Townsend Collection)

HerStory, Sukabumi —

Beauty, tahu enggak sih ternyata jenis kulit bukan berdasarkan kadar minyak seperti kering, berminyak, kombinasi dan sensitif aja lho. Seorang dermatolog Thomas B. Fitzpatrick mengklasifikasi jenis kulit untuk menentukan cara terbaik melindungi kulit dari sinar matahari.

Selain bisa membuat kulit terbakar, paparan sinar matahari jika salah penanganan berdasarkan jenis kulit juga bisa menyebabkan kanker kulit lho

Melansir dari laman healthline.com pada Kamis (8/7/2021), berikut ini jenis kulit ala Fritzpatrick. 

1. Ivory 

Jenis kulit ini umumnya jika terkena paparan sinar matahari akan mengalami reaksi freckles, terbakar, dan mengelupas. Namun jenis kulit ini tidak mudah mengalami penggelapan warna kulit. Ciri umumnya memiliki warna mata biru, abu dan hijau muda, rambut berwarna pirang dan kemerahan. Jenis kulit Ivory ini memiliki risiko paling tinggi terkena kanker kulit, penuaan dini dan melanoma. 

Bagi Beauty yang memilik jenis kulit ini sebaiknya sering menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30, menggunakan topi saat berpergian, dan selalu rutin untuk memeriksakan kulit setiap tahunnya.

2. Fair 

Mirip dengan jenis kulit Ivory namun jenis kulit Fair cenderung lebih pucat dan memiliki ciri lain rambut pirang saja. Namun kecenderungan risiko karena paparan sinar matahari sama dengan jenis Ivory. 

Ivory dan Fair biasanya dimiliki oleh mereka ras kaukasian. 

3. Beige atau Golden Undentone

Memiliki warna mata hazel dan warna rambut coklat muda juga gelap merupakan bagian dari jenis kulit yang masih bisa mendapatkan freckles serta bisa saja mengalami penggelapan warna kulit. Sesekali merasakan kulit yang terbakar di waktu tertentu. 

Meskipun risiko terkena bahaya dari sinar matahari yang rendah, Beauty tetap harus menggunakan tabir surya terutama kalau Beauty memiliki tanning bad dalam ruangan. 

4. Olive 

Olive atau Lightbrown merupakan jenis kulit yang jarang akan merasakan sensasi kulit terbakar dan freckles. Namun mudah mengalami penggelapan warna jika terkena paparan sinar matahari. Umumnya mereka memiliki warna rambut dan mata coklat gelap alami.

5. Dark Brown

Memiliki ciri warna mata dan rambut yang berwarna coklat tua cenderung hitam ini hampir tidak pernah merasakan freckles dan kulit yang terbakar, tetapi lebih sering dan sangat mudah mengalami penggelapan warna. 

6. Deep Brown

Warna kulit yang cenderung lebih gelap mulai dari mata dan rambut, jenis kulit ini sama seperti jenis Dark Brown yang sangat jarang mengalami freckles lantaran warna kulitnya yang sudah gelap. Jika dibandingkan dengan jenis kulit yang lain, Deep Brown dipercayai paling tahan terhadap sinar matahari. 

Walaupun jenis 4 sampai 6 memiliki risiko yang rendah terkena masalah kulit seperti melanoma dan kanker kulit, sejatinya tabir surya tetap harus diaplikasikan pada kulit sebagai pelindung dari sinar UV. Serta selalu rutin menjalani pemeriksaan setiap tahunnya untuk meminimalisir pencegahan terjadinya masalah kulit akibat paparan sinar matahari.