Menu

8 Bahan Alami yang Dijamin Ampuh Menghilangkan Komedo Membandel

13 September 2021 16:15 WIB

Ilustrasi wanita yang miliki masalah komedo. (Freepik/jcomp)

HerStory, Sukabumi —

Beauty tentunya suka sebal bahkan sampai gak PD ketika melihat komedo yang membandel. Soalnya, komedo bisa membuat wajah menjadi terlihat kusam. 

Komedo tak cuma dapat dijumpai pada hidung, tetapi juga pada area wajah lain bahkan bisa dapat leher, dada, dan punggung. Komedo terdiri dari dua jenis diantaranya blackhead dan whitehead.

Meski sekarang ini sudah dapat dengan mudah menemukan berbagai macam jenis produk untuk membersihkan komedo, gak ada salahnya untuk mencoba dengan cara alami. 

Selain mudah didapatkan, setidaknya dengan cara alami ini cukup membantu menekan pengeluaranmu supaya gak terlalu overbudget

Berikut 8 diantaranya sebagaimana dilansir dari laman klikdokter.com (13/9). 

1. Lemon dan Madu

Campurkan perasan lemon dengan satu sendom makan madu dan satu sendok teh gula yang selanjutnya dioleskan pada area yang terdapat komedo. Lalu pijat dengan gerakan memutar selama 1-2 menit kemudian bilas. Cara ini dapat dilakukan secara rutin seminggu sekali. 

2. Bubuk Kopi dan Minyak Kelapa

Cara alami selanjutnya dengan mencampurkan bubuk kopi dan minyak kelapa 1:1. Aplikasikan pada wajah terdapat komedo kemudian pijat perlahan selama lima menit lalu bilas dengan air dingin. Ulangi secara teratur minimal seminggu sekali.

3. Putih Telur

Gak cuma untuk mengatasi komedo, putih telur juga dapat membantu kulit wajah terlihat lebih cerah. Caranya dengan mencapurkan putih telur dan jeruk nipis secara merata lalu oleskan pada wajah dan biarkan sampai kering. Setelah kering pijat wajah untuk merontokkan olesan. Untuk hasil yang maksimal, cara ini dapat dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu. 

4. Lidah Buaya

Aloin dan antioksidan yang terkadung dalam lidah buaya ternyata baik untuk mengatasi masalah kulit salah satunya komedo. Cukup mengambil gel dari daging lidah buaya lalu aplikasikan pada wajah dan tunggu setelah kering, kemudian bilas. 

5. Es Jeruk Nipis

Jeruk nipis terlebih dulu direbus hingga matang kemudian dibekukan. Setelah beku, aplikasikan es jeruk nipis pada wajah sambil ditekan-tekan pada area berkomedo yang sebelumnya sudah dibersihkan. 

6. Teh Hijau

Antioksidan pada teh hijau juga bisa untuk membantu mengatasi peradangan di wajah dan komedo. Caranya dengan menyeduh teh hijau, setelah air rebusan dingin dapat langsung disemprotkan pada wajah atau dengan menggunakan kapas.

7. Kulit Jeruk

Selain buahnya, kulit jeruk ternyata memiliki lebih tinggi kandungan vitamin C nya. Kadar antioksidan dari vitamin C pada kulit jeruk dapat Beauty manfaatkan untuk mengatasi kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Gak perlu khawatir, kulit jeruk juga aman bagi kulit kok.

8. Pepaya

Kandungan pada buah pepaya gak perlu diraguin lagi jika berbicara untuk kesehatan kulit. Vitamin A, C, dan E pada pepaya ampuh untuk meregenerasi kulit, melembapkan, serta menutrisi secara alami. Salah satu caranya yakni dengan menjadikan pepaya sebagai masker alami.