Menu

Ngeri! Keseringan Memakai High Heels Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh Lho Beauty

24 September 2021 18:00 WIB

Ilustrasi menggunakan high heels. (Freepik/gpointstudio)

HerStory, Sukabumi —

Memakai high heels tentunya dapat menunjang penampilan menjadi lebih percaya diri lagi. Tapi, keseringan memakainya justru dapat membawa bahaya bagi kesehatan. 

High heels dapat membantu penggunanya menjadi lebih tinggi dan kaki terlihat semakin jenjang. Umumnya, penggunaan high heels biasa dipakai saat acara formal. 

Namun penggunaannya yang terlalu sering ternyata bisa membuat kekencangan pada otot di kaki. 

“Penggunaan high heels dalam jangka panjang, bisa menimbulkan masalah di lutut, tungkai, dan kaki,” ujar dr. Nadia Alaydrus pada unggahan IGTV-nya (24/9/2021) 

Masalah tersebut dikarenakan adanya perubahan postur badan. Mengingat penggunaan high heels dapat membuat dada dan punggung terdorong ke depan. Sehingga pinggul dan tulang belakang itu keluar dari jajaran pengaturan tulang.

Gak sampai disitu, high heels juga bisa menyebabkan adanya tekanan berlebih pada lutut. Serta dapat meningkatkan tekanan pada sendi kaki. 

dr. Nadia pun menjelaskan beberapa penyakit yang dapat timbul karena penggunaan high heels yang berlebihan. 

“Yang pertama bisa menyebabkan Osteoarthritis pada sendi lutut. Yang kedua timbulnya gangguan pada tungkai kaki, seperti pada otot betis atau tendon achilles,” jelasnya. 

Melihat bahaya penggunaan high heels yang terlalu berlebihan dr. Nadia menyarankan, sebaiknya tak menggunakan high heels setiap hari. 

Serta gak lupa untuk selalu lakukan peregangan sebelum dan sesudah menggunakan high heels

“Batasi penggunaan high heels maksimal 5 cm.” tutupnya.